Cara Melatih Anak Menulis Cepat dan Rapi di Rumah

Ketika sudah masuk usia sekolah, anak akan mulai belajar cara menulis. Hal tersebut tentunya akan diajarkan oleh guru di sekolah. Menulis menjadi pendidikan dasar yang seharusnya dikuasai oleh peserta didik. Tidak hanya di sekolah, cara melatih anak menulis cepat dan rapi ini pun perlu dilakukan di rumah oleh orang tua .

Mengajarkan anak menulis di rumah bisa membuat anak lebih paham dan cepat menguasainya. Dengan demikian, mereka tidak mengalami kesulitan saat harus menulis di sekolah. Sebab, kemampuan menulis yang dimiliki sudah banyak dilatih selama di rumah. 

Untuk mengetahui apa saja cara melatih anak menulis cepat dan rapi, simak penjelasan berikut.

Cara Melatih Anak Menulis Cepat dan Rapi

1. Memberikan Tempat yang Nyaman Untuk Belajar

Sebelum mengajarkan anak menulis, ada baiknya memberikan tempat yang nyaman untuk belajar. Pastikan bahwa meja, kursi atau tempat belajar lainnya yang digunakan memberikan kenyaman kepada anak. Sebab, kenyamanan dan posisi yang tepat akan mempengaruhi hasil tulisan anak.

2. Mengajarkan Anak Memegang Alat Tulis Dengan Nyaman

Selanjutnya, cara melatih anak menulis cepat dan rapi yaitu mengajarkan anak memegang alat tulis dengan nyaman. Perhatikan bagaimana cara anak ketika memegang alat tulis. Sebab, bentuk tulisan akan sangat berpengaruh pada hasil tulisan tersebut.

Anak-anak memang belum terbiasa dalam memegang alat tulis sehingga sering asal asalan ketika memegangnya. Hal itu bisa jadi membuat tangan anak merasa kurang nyaman ketika digunakan untuk menulis. Oleh sebab itu, ajarkan pada anak dan berikan contoh dalam memegang alat tulis yang tepat.

3. Mulai Mengajarkan Bentuk Huruf dan Angka

Apabila anak sudah bisa memegang alat tulis dengan nyaman, maka pelajaran menulis sudah bisa dimulai. Agar anak bisa menulis dengan cepat dan juga rapi, ajarkan menulis mulai dari awal yaitu memuat huruf dan juga angka. Sebagai langkah awal, ajarkan satu huruf atau angka secara bertahap.

Ajarkan anak langkah-langkah membuat huruf atau angka tersebut. Kemudian, minta anak untuk menuliskannya sebanyak mungkin hingga anak terbiasa membuat bentuk dari angka atau huruf. Lakukan hal ini hingga semua angka dan huruf berhasil dikuasai oleh anak.

4. Mengajarkan Anak Merangkai Huruf

Mengajarkan anak untuk bisa menulis dengan rapi tak perlu terburu-buru. Namun, cara melatih anak menulis cepat dan rapi ini harus dilakukan bertahap dan telaten. Setelah anak berhasil menuliskan huruf-huruf tunggal dengan sempurna, langkah berikutnya adalah mengajarkan anak untuk merangkai huruf menjadi kata.

Pilih kata-kata sederhana terlebih dahulu. Ajarkan anak untuk menuliskan rangkaian huruf tersebut agar menjadi sebuah kata. Agar tulisan anak rapi, ajarkan juga cara memberikan jeda dalam tulisan. Dengan demikian, anak tidak menulis dengan terlalu rapat atau terlalu renggang sehingga tulisan bisa menjadi lebih rapi.

5. Melatih Anak Menulis di Buku Tulis

Apabila sebelumnya anak masih menulis dengan asal pada kertas, maka kini melatih anak untuk menulis di buku tulis. Biasanya anak yang baru belajar akan menulis dengan ukuran yang besar-besar. Namun setelah berhasil menguasai semua huruf dan angka, latih anak untuk menulis di buku tulis.

Sebab, pada buku tulis sudah terdapat garis-garis yang dapat membatasi tulisan. Ajarkan anak untuk menulis di dalam garis yang terdapat di buku tulis. Dengan demikian, secara perlahan anak akan terbiasa dengan tulisan yang rapi.

6. Memberikan Latihan Menulis Setiap Hari

Berikutnya, cara melatih anak menulis cepat dan rapi adalah dengan memberikannya latihan secara rutin. Oleh sebab itu, perlu kesabaran dan perhatian yang besar kepada anak yang baru belajar menulis ini. Dengan banyak berlatih di rumah, anak akan lebih terbiasa untuk menulis dengan rapi.

Selain di sekolah, orang tua juga bisa memberikan latihan menulis setiap hari kepada anak. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Setelah itu, minta anak untuk menuliskan kata-kata sederhana untuk melatihnya terbiasa dengan menulis.

7. Memberikan Alat Tulis yang Berwarna

Barang yang berwarna warni biasanya lebih menarik perhatian anak-anak. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan semangat anak dalam belajar menulis berikan alat tulis yang beragam dengan macam-macam warna menarik.

Ketika orang tua memfasilitasi anak dengan perlengkapan tersebut, bisa membuat anak menjadi lebih betah untuk belajar.

8. Memberikan Nilai dan Hadiah

Memberikan nilai kepada hasil tulisan anak juga bisa menjadi salah satu penyemangat bagi anak untuk terus belajar. Hal tersebut merupakan bentuk apresiasi yang sederhana yang bisa dilakukan. Namun, apresiasi ini akan membuat anak terus semangat dan ingin mendapatkan nilai yang lebih tinggi lagi.

Selain memberikan nilai, agar anak lebih bersemangat dalam belajar orang tua juga bisa memberikan hadiah. Hadiah ini diberikan apabila anak berhasil menulis dengan rapi dan benar. Tentunya hal tersebut bisa membuat anak lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas-tugas latihan yang diberikan.

Itu tadi adalah beberapa cara melatih anak menulis cepat dan rapi. Kemampuan menulis yang dimiliki anak akan semakin meningkat jika terus dilatih dan mendapatkan pendampingan dari orang tua. Sebab, peran orang tua akan sangat diperlukan dalam setiap proses tumbuh kembang anak.

Leave a Comment