Cara Membuat Kemasan Telur Asin Yang Unik Dan Tips Pemasaran Yang Tepat !

Meski sudah bekerja di sebuah perusahaan baik swasta atau negeri, namun beberapa orang masih menginginkan tambahan penghasilan. Hal inilah yang akan mendorong mereka untuk membuka usaha kecil-kecilan. Salah satunya adalah dengan berjualan telur asin. Agar berbeda dengan yang lain, maka pastikan cara membuat kemasan telur asin yang unik.

Pasalnya, saat ini kemasan barang dagangan juga bisa menjadi nilai plus untuk menarik pelanggan. Termasuk juga, bagaimana teknik pemasarannya. Seseorang bahkan mudah mengenali mana produk berkualitas dan kurang bagus, hanya melihat kemasannya.

Berikut akan dipaparkan cara membuat kemasan telur asin yang unik serta tips pemasarannya yang tepat.

Cara Membuat Kemasan Telur Asin Yang Unik

Bisa dikatakan hari ini telur asin jadi salah satu makanan favorit sekaligus andalan banyak orang. Selain makanan pendamping, untuk oleh-oleh juga cocok. Pasalnya, makanan ini lebih awet sehingga akan pas jika untuk dikirim pada perjalanan jauh. Berikut cara membuat kemasan telur asin yang unik.

1. Menyiapkan Bahan Dan Alat.

Adapun cara membuat kemasan telur asin yang unik adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan berbagai alat dan bahannya. Kurang lebih sebagai berikut:

  • Menyiapkan kardus atau karton dan sejenisnya.
  • Menyiapkan alat untuk memotong seperti cutter atau gunting.
  • Menggunakan alat pengukur seperti penggaris dan sebagainya.
  • Jangan lupa spidol atau pensil untuk menandai bagian yang perlu digunting.
  • Pita, kain atau manik-manik sebagai aksesoris jika diperlukan.
  • Membeli stempel dengan desain yang disesuaikan dengan apa yang diinginkan. Untuk stempel seperti ini pengguna bisa memesannya terlebih dahulu.

2. Membuat Desain Wadah Yang Menarik

Untuk membuat wadah yang menarik dari sebuah wadah telur asin, pastikan juga fungsinya tidak sampai berkurang. Sebab, bentuk telur yang bulat ini membuat wadahnya juga harus sesuai. Langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai berikut:

  • Box dengan bentuk segitiga dan bagian bawahnya yang dilubangi agar telur bisa tetap berada ditempatnya. Membuat bentuk segitiga seperti ini bisa juga menggunakan dua lapisan kardus. Kardus yang pertama berisi informasi mengenai telur tersebut dan yang kedua untuk diisi telur tersebut.
  • Box dengan bentuk persegi panjang yang didalamnya terdapat lubang-lubang pelindung. Untuk bentuk seperti ini, bisa diisi dengan lubang berjejer 6 baris atas dan bawah. Sehingga, bisa diisi dengan 12-an butir. Selain itu, cocok juga untuk dibuat bingkisan dan perjalanan jauh.
  • Box berbentuk persegi delapan dengan bagian dalam yang terdapat lubang-lubang telur. Untuk desain semacam ini, bisa dibuat lubang telur berbentuk lingkaran. Selanjutnya, bisa juga dengan berjejer 3-5-3. Bahkan bisa juga hanya dibuat dengan 5 isian saja.
  • Box dengan kombinasi jerami ramah lingkungan. Untuk memberikan kesan barang yang seperti natural, bisa juga dengan ide box yang diisi jerami. Kemudian, telur-telur asin tersebut diletakkan diatasnya. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar telur juga aman di wadah tersebut.
  • Bentuk tas dengan rak bertingkat, untuk model wadah seperti ini biasanya cukup untuk isian mulai dari 5 telur hingga 15 telur. Tergantung berapa jumlah rak bertingkat yang digunakan. Untuk setiap kakinya diisi dengan 5 telur, sehingga jika ada 3 susunan rak bisa sampai 15 telur.
  • Box berbentuk hati yang bisa dijadikan wadah telur asin selanjutnya. Untuk wadah seperti ini bisa diisi dengan jumlah telur yang sesuai mengikuti wadahnya. Maka dari itu berikan lubang-lubang telur agar mempermudah saat penataan.

3. Melakukan Penataan Dan Memberikan Aksesoris

Selanjutnya, setelah semuanya siap wadahnya maka mulai proses penataan. Untuk caranya seperti dibawah ini:

  • Membersihkan telur dengan lap kering, pastikan juga kondisi telur tidak basah.
  • Lalu, bisa berikan stempel pada telur yang bertuliskan nama produk.
  • Mulai membuat wadah secara mandiri, untuk step by stepnya sudah banyak berada di YouTube. Pengguna bisa mencari yang sesuai keinginan.
  • Jika wadah sudah siap, maka saatnya meletakkan telur pada wadah tersebut. Susunlah telur serapi mungkin.
  • Dan selanjutnya jangan lupa untuk menutup wadah, kemudian memberikan tali pita di bagian luarnya. Selain agar wadah tetap kokoh, ini juga bertujuan mempercantik wadah dari telur tersebut. Jika perlu bisa diberikan manik-manik juga
  • Jangan lupa berikan identitas seperti nomor HP untuk pemesanan, hingga tanggal kadaluarsa.

Tips Pemasaran Yang Tepat

Setelah paham cara membuat kemasan telur asin yang unik, agar produk bisa dijangkau banyak orang maka perlu dilakukan pemasaran yang tepat. Untuk pemasan ini bisa dilakukan dengan cara memposting jualan di berbagai platform media sosial.

Selain itu, juga bisa juga dititipkan pada toko-toko terdekat. Jangan lupa juga, pada bagian wadahnya diberikan nomor HP yang bisa dihubungi. Jadi, orang bisa memesan langsung dari menghubungi kontak yang tertera pada wadah tersebut.

Demikian itu beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara membuat kemasan telur asin yang unik. Dalam bisnis selain membuat kemasan yang unik, pastikan juga bisa melakukan pemasaran yang tepat. Agar semakin banyak menarik pengunjung.

Leave a Comment