10 Ide Hiasan Dinding Ruang Tamu, Wajib Coba!

Setiap orang tentunya ingin memiliki ruang tamu dalam rumah masing-masing yang tampak indah dan tidak membosankan dengan berbagai hiasan yang menarik. Namun, kebanyakan orang hanya sebatas menginginkannya dan belum tahu pasti harus membuat apa saja. Jika Anda salah satu orang yang bingung menentukan dekorasi, simak deh kumpulan ide hiasan dinding ruang tamu sebagai berikut.

Semakin kesini, semakin banyak ide yang bisa dimanfaatkan langsung untuk memiliki dan mendapatkan hiasan yang unik. Saking banyaknya pilihan, Anda bisa membuat sesuai budget yang dimiliki.

Agar rumah Anda lebih berwarna dan menarik, langsung disimak beberapa ide hiasan dinding ruang tamu yang bagus berikut.

Berbagai Macam Ide Hiasan Dinding Ruang Tamu Yang Bagus

1. Tanaman dalam Pot Mini

Untuk ide hiasan dinding ruang tamu pertama ini bisa jadi membutuhkan modal yang lumayan besar, tergantung pada jenis tanamannya nanti. Walaupun begitu, setiap orang bisa mencoba dahulu untuk menentukan tanaman yang memang diinginkan. Baik itu tipe tanaman yang biasanya digantung atau dalam pot.

Untungnya, sudah ada beberapa tanaman hias yang menarik yang bisa dipilih. Misalnya saja seperti Ivy sampai Morning Glory bisa dicoba. Namun, perlu diperhatikan bahwa nantinya harus merawat setiap tanaman tersebut secara rutin dan tidak hanya dengan air yang pas namun pupuk tambahan.

2. Hiasan Dinding Kaligrafi

Tidak kalah menarik untuk dipilih, ada pilihan hiasan dinding lainnya yang bisa dicoba. Seperti hiasan bertuliskan kaligrafi yang indah. Ada banyak model dari kaligrafi yang tentu saja bisa disesuaikan dengan selera, karena ada kaligrafi yang ramai atau minimalis saja.

3. Cermin yang Estetik

Jika ingin sebuah ide hiasan dinding ruang tamu yang sederhana, maka ada solusi yang bisa dicoba hanya dengan memanfaatkan cermin. Tentu saja, bukan jenis cermin yang sembarangan yang akan dipasang. Namun, beberapa jenis cermin yang kecil yang ditata sesuai dengan selera.

Bahkan bisa juga memilih cermin dengan berbagai bentuk yang berbeda dan warna dasar yang variatif untuk menambah kesan ramai pada ruangan. Selain itu, cermin ini juga berfungsi tidak hanya sebagai hiasan namun bisa memantulkan cahaya yang ada di ruang tamu kesayangan.

4. Rak yang Minimalis

Jangan sampai dilewatkan pula, ada ide hiasan dinding ruang tamu lainnya yang mungkin tampak berbeda dengan pilihan sebelumnya. Kali ini, hiasannya tidak ditampilkan dalam bentuk tempelan atau gantungan melainkan menutupi sebagian besar dinding yang ada di ruang tamu.

Mulai dengan menentukan terlebih dahulu jenis rak minimalis yang diinginkan. Termasuk dengan bahan utama serta warna yang sesuai dindingnya. Nantinya, setiap orang bisa menambahkan beberapa hiasan tambahan ataupun aksesoris. Baik di atas atau di samping dari rak yang sudah dipasang.

5. Lukisan yang Abstrak

Tidak hanya ke-empat model di atas, ide hiasan dinding ruang tamu yang menarik lainnya untuk dicoba adalah lukisan abstrak. Ada banyak jenis lukisan sekarang yang bisa dicoba dan dibeli sesuai dengan modal yang dimiliki, dan tentunya dengan selera seninya.

Walaupun begitu, setiap orang bisa mencoba jenis lukisan yang abstrak. Sebab, ini nantinya bisa menimbulkan kesan rasa ingin tahu bagi tamu. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan ukuran dari lukisan tersebut. Sehingga ketika dipasang langsung, tidak menimbulkan proporsi yang berlebihan nantinya.

6. Patung yang Digantung

Kemudian, hiasan dinding lainnya yang secara sederhana bisa dikatakan ekstrim untuk dicoba adalah dengan memakai patung kepala yang digantung. Tentu saja beberapa orang tidak akan merasa terkejut karena sudah ada yang menggunakan hiasan ini bahkan dalam ukuran yang besar.

Jika ternyata memiliki ketertarikan untuk mencoba, maka coba pilih dahulu type patung yang memang diinginkan agar nanti lebih mudah dipasang. Namun jika memang merupakan seniman, maka bisa saja memanfaatkan patung sederhana yang dibuat secara mandiri dan digantung sesuka hati nantinya.

7. Kumpulan Kain Etnik

Mungkin banyak yang tidak tahu, menggunakan beberapa kain yang etnik pada masa sekarang bisa jadi ide hiasan ruangan terbaik. Jangan lupa untuk memeriksa koleksi kain yang dimiliki terlebih dahulu dan pilah mana yang sesuai untuk dipasang di ruang tamu.

8. Kerajinan Simpul Monokrom

Selanjutnya, ide hiasan untuk dinding yang jangan sampai dilewatkan adalah memanfaatkan kerajinan simpul yang monokrom saja. Meskipun begitu, tipe monokrom seperti ini lebih cocok untuk rumah yang minimalis dengan warna dinding sebagian besar memang netral.

Jika ingin merasa lebih mewah, maka setiap orang bisa menentukan pilihan pada kerajinan simpul dengan warna yang lebih menyala. Selain itu, jika membeli secara online melalui bantuan dari marketplace, maka jangan lupakan kualitas dahulu dibandingkan langsung membeli banyak barangnya.

9. Anyaman dari Bambu

Hampir mirip dengan hiasan sebelumnya, untuk menghias bagian ruang tamu, bisa juga menggunakan anyaman yang terbuat dari bambu sederhana. Apalagi jenis hiasan ini bisa dikatakan sebagai hiasan yang murah dibeli tanpa harus mencari di berbagai marketplace misalnya di Shopee.

10. Papan Kutipan Motivasi

Jenis hiasan untuk dinding ruang tamu lainnya adalah hiasan dinding dengan kutipan motivasi. Ada berbagai bentuk yang ditawarkan, baik yang terbuat dari kayu atau lainnya. Anda bisa request kalimat motivasi yang diinginkan oleh pemilik rumah.

Beberapa ide hiasan dinding ruang tamu yang direkomendasikan di atas tentu saja bisa dijadikan pilihan sesuai dengan selera pemilik rumah.

Leave a Comment