Rekomendasi Bingkai Foto dari Bahan Bekas Terbaik

Memiliki berbagai foto kenangan masa lalu pasti kurang lengkap jika tidak dipasang dengan baik dalam sebuah bingkai yang aman. Jika foto yang hendak disimpan sedikit, mungkin tidak terasa mahal jika harus membeli bingkai foto di toko terdekat. Namun, beda cerita jika membutuhkan banyak bingkai. Tenang, karena ada berbagai ide untuk membuat bingkai foto dari bahan bekas yang bisa dicoba.

Cobalah pergi ke toko, Anda pasti bisa dengan mudah menemukan banyak bingkai foto yang dijual dan ditawarkan dalam berbagai variasi yang menarik. Untuk beberapa produk terbaik, pasti butuh biaya mahal agar bisa membawanya pulang.  

Sebagai alternatif, berikut kumpulan ide membuat bingkai foto dari bahan bekas.

Ide Membuat Bingkai Foto Dari Bahan Bekas Yang Menarik

1. Bingkai dari Kardus

Ada sebuah ide menarik untuk bingkai foto dari bahan bekas yang dapat dibuat secara mandiri, bahkan tanpa uang yang banyak. Kali ini, setiap orang bisa mencoba untuk memanfaatkan kardus bekas sebagai bahan pembuatan bingkai.

Nantinya, bisa juga menambahkan beberapa hiasan yang diinginkan dan ditempel di setiap sisi dari bingkainya, sembari mempertimbangkan model dari fotonya. Selain itu, membuat bingkai foto dari kardus juga tidak membutuhkan waktu yang banyak. Kuncinya adalah memotong bagiannya dengan benar dan menempelnya dengan hati-hati.

2. Bingkai dari Koran Bekas

Sekali lagi, tanpa harus memakan biaya yang mahal untuk membeli bahan utamanya. Kali ini, bisa mulai dengan mencari koran yang tidak terpakai untuk dijadikan sebagai bahan utama dari bingkai foto yang diinginkan.

Untuk membuat bingkai foto, jangan lupa untuk memotong terlebih dahulu koran bekas tersebut sesuai dengan selera yang dimiliki. Nantinya, lanjutkan dengan membuat lintingan yang kecil dan juga rapi sebelum dihias membentuk sebuah bingkai dengan ukuran sesuai dengan fotonya.

3. Bingkai dari Kerang

Jika Anda ternyata sering pergi ke pantai dan menemukan berbagai kerang yang sudah tidak terpakai, maka jangan dibuang dan simpan dahulu. Asalkan Anda tahu, kerang bekas yang bisa ditemukan di sekitar cangkangnya bisa dimanfaatkan untuk bingkai foto.

Jika memiliki ketertarikan untuk mencoba menggunakan bingkai ini, maka sebenarnya bisa membeli dengan harga murah di beberapa toko di pantai. Namun jika memang ingin membuat sendiri, maka jangan lupa menyiapkan alat mulai dari kerangnya sampai pada lem yang digunakan menempel.

4. Bingkai dari Ranting

Jangan sampai dilewatkan untuk dipilih, ada ide menarik untuk membuat bingkai foto dari bahan bekas, tepatnya melalui bantuan berbagai ranting. Nantinya, ada beberapa ranting bekas yang bisa dipotong menjadi kecil sebelum disusun membentuk sebuah pigura yang indah dan estetik.

5. Bingkai dari Kertas Majalah

Hampir mirip dengan beberapa bingkai yang sebelumnya, ada juga jenis bingkai foto dari bahan bekas yang terbuat dari kertas majalah. Berbeda dengan koran, kertas majalah pada umumnya memiliki warna bervariasi sehingga lintingan yang dibentuk nanti akan tampak menarik dan warna-warni.

6. Bingkai dari Benang Wol

Mungkin ada beberapa orang sekarang yang memiliki aktivitas secara rutin untuk membuat produk dari bahan seperti benang wol. Tentu saja, akan ada beberapa sisa dari benang tersebut yang malah dibuang.

Mulai dengan memilih dahulu mana sisa benang yang bagus sebelum dipadukan dengan yang lainnya dan dibuat menjadi sebuah bingkai. Caranya sebenarnya juga cukup mudah, hanya dengan membuat lilitan benang tersebut sehingga membentuk sebuah pigura sesuai dengan ukuran dari fotonya.

7. Bingkai dari Kancing

Tidak hanya benang wol bekas yang bisa dipakai nantinya, ada juga bahan bekas lain, misalnya seperti beberapa kancing baju. Melalui bahan bekas ini, mulai untuk membentuk ukuran dari bingkainya sebelum nanti kancing akan dipakai dan ditempelkan di beberapa sisi.

8. Bingkai Tutup Botol

Jika ingin menggunakan modal yang lebih sedikit dan berhemat, maka coba saja untuk memanfaatkan botol bekas di sekitar. Coba mulai dengan mengumpulkan berbagai tutup botol yang sudah ditemukan dan nantinya dibersihkan terlebih dahulu agar aman ketika dibuat bingkai.

Bahkan, membuat bingkai dari tutup botol yang sudah dikumpulkan ini bisa dikatakan sangat mudah dilakukan sama seperti terbuat dari kancing. Cukup tentukan ukuran dari bingkainya sebelum menjadikan tutup botol ini sebagai hiasan di sekitar bingkai foto dan ditempel dengan bantuan lem.

9. Bingkai Kertas Kreps

Selanjutnya, ada ide untuk membuat bingkai dari bahan bekas lainnya, tepatnya melalui bantuan dari kertas kreps yang mungkin sudah dimiliki. Kertas yang memiliki tekstur khusus ini nantinya akan memperindah tampilan dari bingkai foto asalkan juga sudah ditempel dengan rekat.

10. Bingkai dari Kain Sisa

Selain menggunakan beberapa bahan bekas di atas, ada juga bahan lainnya seperti kain sisa jahit yang bisa dipadukan dengan mudah. Cukup potong sesuai dengan kebutuhan, sebelum nanti akan ditempelkan atau disatukan untuk membentuk sebuah bingkai foto.

Demikian beberapa ide dan rekomendasi yang terbaik untuk  bingkai foto dari bahan bekas. Ternyata banyak barang yang bisa dimanfaatkan untuk membuat bingkai foto sesuai dengan selera tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Leave a Comment