10 Ide Kreatif Dari Pipa Paralon, Bisa Jadi Ide Usaha yang Unik

Ide kreatif dan inspirasi untuk membuat kerajinan tangan bisa saja didapatkan dari manapun. Termasuk dari benda yang ada di sekitar, contohnya saja membuat ide kreatif dari pipa paralon. Membuat suatu kerajinan tangan dari bahan pipa memang cukup kompleks dan sulit. Kendati demikian, ini harus dicoba karena benar-benar menarik.

Jika masyarakat mengetahui berbagai contoh kerajinan yang terbuat dari pipa paralon, maka dapat dimanfaatkan sebagai hiasan rumah maupun ide bisnis. Lumayan buat mengisi waktu kosong dengan kegiatan kreatif seperti ini.

Terdapat 10 contoh ide kreatif dari pipa paralon berikut ini yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Kumpulan Contoh Ide Kreatif Dari Pipa Paralon yang Menarik

1. Dibuat Sebagai Tempat ATK

Pipa paralon dapat dijadikan komponen untuk membuat benda kreatif seperti tempat ATK atau alat tulis kantor. Hal ini tentu menjadi ide yang efektif, agar masyarakat tidak perlu membeli wadah ATK karena bisa menggunakan bahan alternatif dari pipa paralon bekas berukuran kecil maupun besar.

Cara membuatnya sendiri cukup dengan menggunakan pipa paralon ukuran besar, untuk wadah ATK seperti gunting dan lain-lain. Sedangkan, pipa paralon ukuran kecil untuk wadah pensil, pulpen, penghapus dan sebagainya. Potong pipa sesuai dengan kebutuhan dan kreativitas masing-masing.

2. Dijadikan Kursi Untuk Anak-anak

Membuat kursi yang lucu dan unik untuk anak-anak merupakan ide kreatif dari pipa paralon yang boleh dicoba. Proses pengerjaannya cukup rumit, karena diperlukan beberapa buah pipa paralon berdiameter kecil. Selain itu, diperlukan persiapan pipa penghubung berbentuk T dan L maka kursi pipa siap dibuat.

Agar dapat menciptakan kursi yang kuat, selain pipa paralon yang disambung-sambungkan. Diperlukan pula lem yang sangat kuat, agar kursi yang terbentuk dapat lebih kokoh. Tambahkan kain empuk untuk tempat penyangga tubuh yang dapat diduduki oleh Si Kecil.

3. Sebagai Tempat Menaruh Hair Dryer

Pipa paralon berukuran besar yang bekas dipakai oleh tukang bangunan sebaiknya dipakai sebagai tempat menaruh hair dryer. Untuk meminimalisasi sampah, sebaiknya potong pipa paralon ukuran besar sesuai panjang hair dryer dan haluskan menggunakan alat amplas.

Pipa paralon juga dapat dijadikan kerajinan tangan yang kreatif dan berwarna. Tempat hair dryer yang terbuat dari pipa dapat diwarnai atau dicat sesuai dengan selera masing-masing. Pipa dapat dipotong menggunakan gergaji plastik dan pinggirannya dapat dihaluskan menggunakan amplas.

4. Dijadikan Hiasan Kamar Mandi

Ide kreatif dari pipa paralon juga dapat digunakan untuk hiasan dinding kamar mandi. Pengguna dapat membuat hiasan bulat-bulat minimalis yang dapat ditempel di dinding. Untuk pipa paralon yang dipakai, cukup berukuran kecil, sedang sampai besar diameternya. Dijamin kamar mandi akan lebih aesthetic.

5. Dibuat Sebagai Rak Sepatu

Membuat rak sepatu dari pipa paralon, selain aesthetic juga sangat ekonomis. Umumnya, pengguna dapat menggunakan pipa paralon berdiameter 6-10 inch. Membuat rak sepatu dari pipa paralon juga dapat mengurangi limbah rumah tangga. Selain itu, bentuknya yang unik dan dapat dikreasikan sesuai selera.

6. Sebagai Komponen Penunjang Tanaman Hias

Lahan rumah sempit, tetapi ingin memiliki tanaman hias atau tanaman hidroponik? Kalau begitu, dapat menggunakan ide kreatif dari pipa paralon sebagai wadah tanaman. Pipa paralon dapat disusun dan disambungkan sesuai dengan pipa L dan T, serta dibuat lubang di tengah sebagai tempat tanah.

Ukuran pipa yang digunakan dapat bervariasi diameter dan panjangnya. Harus disesuaikan oleh kebutuhan tanaman yang akan ditanam. Lalu, pengguna dapat menempelkan pipa paralon di dinding samping rumah ataupun disanggah dengan membuat kaki penyangga dari pipa paralon juga.

7. Dijadikan Hiasan Pot Bunga

Jika ingin mengubah pipa paralon sebagai hiasan pot bunga yang cantik, pengguna cukup menggunakan pipa berdiameter kecil dan potong hingga berbentuk seperti pot bunga. Pipa nanti berguna sebagai tempat tanah agar bunga dapat tertanam dan tumbuh dengan baik.

Pastikan juga pipa paralon diberikan lubang sebagai tempat tumbuhan bernapas dan keluarnya air yang berlebihan pada tanaman. Pengguna dapat menanam bunga apapun dengan menggunakan pipa paralon sebagai pot bunga yang unik.

8. Untuk Ide Membuat Gantungan Pakaian

Pipa paralon juga dapat dijadikan sebagai gantungan pakaian yang kreatif dan fungsional. Pengguna dapat menggunakan pipa paralon dengan berbagai bentuk dan ukuran diameter. Alat-alat tambahan yang dibutuhkan adalah gergaji plastik, lem dan alat untuk melubangi pipa.

Pengguna dapat membentuk gantungan pakaian yang dilubangi agar dapat digantung hanger pakaian. Atau juga menyusun pipa paralon sebagai rak gantungan handuk yang bertingkat. Selain unik, ide kreatif ini juga sangat fungsional dan hemat biaya.

9. Alternatif Untuk Membuat Pagar

Ide kreatif dari pipa paralon juga dapat dipergunakan untuk membuat pagar rumah. Jika masyarakat bosan dengan model pagar dari kayu dan besi, maka bisa memilih menggunakan pipa paralon sebagai alternatif. Pipa paralon yang dipergunakan harus dalam jumlah yang banyak dan berukuran sama.

10. Komponen Membuat Sepeda Anak

Terakhir, pipa paralon dapat juga dijadikan sebagai sepeda anak yang unik. Para orang tua dapat berkreasi membuat sepeda dari pipa paralon yang digabungkan menggunakan lem dan dibentuk. Lalu, jika rangka sepeda sudah jadi, orang tua dapat menambahkan ban dan jok pada sepeda mini.

Itulah 10 contoh ide kreatif dari pipa paralon yang dapat dicoba oleh masyarakat di rumah. Ide-ide yang dihasilkan dari pipa tersebut dapat menjadi bisnis, maupun sebagai bentuk hasil dari kreasi yang aesthetic.

Leave a Comment