7 Ide Miniatur dari Bahan Bekas Otomotif, Kreatif dan Unik!

Di Indonesia, sampah bahan bekas onderdil otomotif masih tergolong banyak. Hal ini sebanding dengan jumlah mobil dan sepeda motor yang terus meningkat. Jika dibiarkan akan menumpuk mencemari lingkungan. Salah satu cara kreatif sebagai penanggulangan limbah otomotif adalah membuat miniatur dari bahan bekas otomotif yang lucu dan unik.

Kreativitas memang hal yang tidak akan ada habisnya, di tangan orang yang kreatif, onderdil bekas otomotif pun dapat diubah menjadi miniatur yang mengandung nilai seni tinggi. Terdapat 7 contoh miniatur unik yang terbuat dari bahan bekas otomotif.

Miniatur Dari Bahan Bekas Otomotif yang Lucu dan Keren

1. Dibuat Menjadi Miniatur Jam Dinding Unik

Onderdil bekas otomotif dapat dijadikan miniatur atau aksesoris unik dan fungsional, contohnya adalah jam dinding. Bahan bekas otomotif yang dapat digunakan adalah velg motor yang dimodifikasi sesuai dengan bentuk jam. Ditambahkan rangka rantai motor sebagai alat penunjuk jam.

Velg motor yang sudah tidak terpakai dapat dijadikan kreasi jam dinding, ukuran yang dipakai juga cukup besar. Lalu, dapat ditambahkan beberapa ornamen untuk tempat baterai agar berfungsi menjadi penunjuk waktu.

2. Miniatur Mobil Tank

Miniatur dari bahan bekas otomotif juga dapat dibuat sebagai miniatur mobil tank. Onderdil yang dipakai adalah rantai bekas, yang mana hasilnya dijamin unik dan keren. Kerajinan miniatur ini juga dapat dijual atau untuk koleksi pribadi. Berikut panduan langkah-langkah membuat miniatur mobil tank:

  • Siapkan rantai bekas, alumunium, penyangga dan lem.
  • Buat pola mobil tank.
  • Pasangkan penyangga pada setiap sudut dan sisi tengah kerangka miniatur.
  • Rakit body tank dengan menggunakan penyangga.
  • Pasang roda di kedua sisi miniatur mobil tank.
  • Rapikan dan haluskan sisi yang kasar dengan amplas.

Untuk lebih jelas dan rinci. Pengguna dapat mencontohnya dengan menonton beberapa tutorial membuat miniatur mobil tank di YouTube. Membuat miniatur ini sebenarnya cukup kompleks, diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam pembuatannya.

3. Dijadikan Miniatur Berbentuk Cicak

Onderdil rantai bekas juga dapat dibuat sebagai miniatur berbentuk binatang, seperti cicak. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu cukup mengambil bagian rantai berukuran panjang dan pendek  saja. Lalu, ditempelkan lem dan beberapa bagian aksesoris otomotif lainnya untuk membuat bagian mata dan tangan.

Miniatur berbentuk cicak dapat berguna sebagai pajangan rumah yang unik. Miniatur dapat diletakkan di manapun, seperti ruang tamu dan ruang berkumpul keluarga. Terlebih jika miniatur diwarnai sesuai dengan selera masing-masing.

4. Dibuat Miniatur Binatang Kalajengking

Selain dapat membuat miniatur cicak, membuat miniatur dari bahan bekas otomotif juga dapat dibentuk menjadi kalajengking. Jika ingin menciptakan miniatur binatang yang dapat terlihat keren, berikut panduan langkah-langkah membuatnya:

  • Sediakan onderdil bekas otomotif seperti rantai bekas, gear, pemotong rantai dan tang.
  • Potong rantai menjadi beberapa bagian dan panjang yang bervariasi.
  • Rapikan gear menggunakan alat bernama solder.
  • Rakit rantai dan gear berbentuk kalajengking.
  • Rapikan dan bersihkan rakitan dengan amplas.

Pastikan selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan. Karena proses merakit dibutuhkan alat-alat yang dapat membuat luka jika tidak hati-hati. Jika ingin mengetahui tutorial lengkap membuat miniatur kalajengking, dapat ditonton pada channel YouTube.

5. Kreasi Miniatur Gitar

Membuat miniatur gitar dari onderdil bekas otomotif juga dapat menjadi alternatif berikutnya. Ide kreatif dan inspiratif ini dapat dicoba oleh para penggemar musik. Onderdil bekas yang digunakan adalah rantai bekas. Berikut langkah membuat kerajinan kreasi miniatur gitar:

  • Siapkan lem, rantai bekas, alas karton dan komponen kecil onderdil bekas otomotif.
  • Bentuk konsep rangka gitar yang diinginkan.
  • Hubungkan rantai bekas dengan lem hingga berbentuk gitar.
  • Tempelkan beberapa komponen kecil di sekitar body gitar, seperti baut dan gear.
  • Gitar siap dirangkai dan menjadi pajangan rumah yang unik.

Ketika membuat miniatur dari bahan bekas otomotif berbentuk gitar, hal-hal detil harus diperhatikan agar miniatur gitar dapat berbentuk sempurna dan mirip dengan bentuk gitar asli. Tutorial lengkapnya pun dapat ditonton pada platform YouTube, sehingga dapat dicontoh dengan sangat detail.

6. Dibentuk Sebagai Miniatur Motor dan Mobil

Onderdil bekas otomotif lebih sering dibuat sebagai miniatur motor dan mobil, hal ini ternyata sudah umum dan banyak sekali miniatur berbentuk motor dan mobil yang dibuat dari bahan bekas otomotif. Cara merakitnya tidak jauh berbeda dengan merakit miniatur lainnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah baut, gear, rantai bekas dan lem. Bentuk kerangka motor dan mobil sebagai langkah awal. Kerangka tadi harus dibuat secara teliti dan detail. Tempelkan beberapa komponen kecil pendukung, yang mana pada hasil akhir akan terbentuk miniatur motor dan mobil.

7. Dijadikan Sebagai Tripod

Ide miniatur dari bahan bekas otomotif tidak hanya dapat dijadikan sebagai pajangan unik dan keren saja. Tetapi juga dapat dibentuk sebagai alat yang fungsional dan bermanfaat, contohnya yaitu sebagai tripod.

Kreasi yang diciptakan dari rantai bekas ini dapat fungsional dan juga hemat budget. Berikut panduan langkah dan tutorial detailnya:

  • Siapkan rantai bekas, plat bekas, baut, alat pemotong rantai dan kawat beton.
  • Bersihkan rantai terlebih dahulu dengan sabun cuci.
  • Potong rantai sesuai dengan keinginan.
  • Bentuk rantai menyerupai kaki penyangga tripod
  • Letakkan kawat beton di bagian atas rantai dan pasang plat dengan baut.
  • Kencangkan dan tripod rantai sudah siap dipakai.

Itulah contoh 7 ide miniatur dari bahan bekas otomotif yang dapat dicoba di rumah dan menjadi hobi untuk mengisi waktu luang. Bahan-bahan yang dipakai pun bahan yang hemat budget, yang mana tanpa mengeluarkan uang berlebih sudah dapat menciptakan kreasi unik dan keren.

Leave a Comment