Jadi Kreatif! Cara Membuat Vas Bunga Dari Botol Bekas Dan Kain Flanel Untuk Hiasan

Mengisi waktu senggang bukan hanya sekedar bermain game atau nonton, melainkan bisa berkreasi memanfaatkan barang di sekeliling. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadi kreatif, salah satunya dengan cara membuat vas bunga dari botol bekas dan kain flanel.

Hiasan buatan pribadi terlebih dari barang bekas mungkin tidak memiliki harga yang mahal. Namun karya ini akan sangat berarti. Pada dasarnya, bukan hargalah yang menentukan seberapa berharga suatu barang melainkan segi kreatifitas.

Tanpa basa-basi, begini cara membuat vas bunga dari botol bekas dan kain flanel selengkapnya.

Cara Membuat Vas Bunga Dari Botol Bekas dan Kain Flanel  

1. Siapkan Alat Dan Bahan

Langkah awal dari cara membuat vas bunga dari botol bekas dan kain flanel yaitu dengan melakukan persiapan terkait alat yang digunakan. Bahan spesial yang digunakan adalah botol bekas. Jenis botol bekas yang digunakan bisa berbagai ukuran dan jenis sesuai keinginan.

  •         Botol plastik bekas yang telah dibersihkan
  •         Flanel dua warna
  •         Gunting dan jarum
  •         Lem tembak

2. Potong Botol Bekas

Langkah selanjutnya yakni memotong botol bekas. Potonglah dengan ukuran vas bunga yang standar yaitu sebelas cm/11 cm. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih tinggi, maka potonglah lebih dari ukuran tersebut. Sesuaikan dengan jenis dan ukuran botol yang dimiliki masing-masing.

Gunakan bagian bawah botol dan bukan bagian atasnya. Hal ini akan mempermudah vas untuk berdiri dan tidak mudah miring. Perhatikan juga pemotongan pada tepian botol dan usahakan memotong dengan rapi, yaitu tidak miring atau condong ke satu arah saja.

3. Potong Flanel Sesuai Ukuran Botol

Setelah memotong botol plastik yang akan menjadi media utama, cara membuat vas bunga dari botol bekas dan kain flanel yang selanjutnya adalah pemotongan kain flanel. Memotong kain flanel bukan dengan sembarang ukuran, melainkan menyesuaikan dengan ukuran yang dimiliki oleh botol.

Memotong kain flanel harus disertai dengan ketelitian. Jika diperlukan, gunakan penggaris dan tandai garis secara samar-samar agar potongan kain flanel tidak berkelok-kelok ataupun miring. Selain itu, gunakan gunting yang tajam agar kain tidak rusak dan menjadi kasar dan tidak cantik.

4. Pasang Lapisan Kain Flanel Pada Botol

Tahap selanjutnya dari cara membuat vas bunga dari botol bekas dan kain flanel ini adalah memasang potongan kain flanel yang telah dipotong tadi pada botol. Pastikan untuk menempel dengan menggunakan lem tembak dengan rapi dan tidak belepotan.

Potongan kain flanel ini nantinya akan dijadikan sebagai pelapis atau penutup tekstur botol bekas yang kurang menarik. Setelah tekstur botol ditutupi dengan kain flanel, maka tampilan akan lebih menarik dan juga rapi. Selain itu, warna botol akan lebih cantik.

5. Rapikan Dan Tutup Bagian Bawah Botol

Selain melapisi bagian permukaan samping dari botol bekas, lapisi juga bagian bawah botol plastik. Melapisi bagian botol juga membuat hasil karya vas bunga ini menjadi lebih rapi dan cantik. Lapisi dengan kain flanel yang berbentuk lingkaran dengan ukuran yang pas.

Selain itu, rapikan juga bagian perbatasan antara bawah dan samping. Merapikan keduanya dengan cara memberikan lem tembak secara rapi dan tidak terlalu banyak. Selain tu, tempelkan dengan hati-hati agar tidak miring atau berlekuk-lekuk.

6. Tambahi Pola Hiasan

Tak lupa sebagai pelengkap dari cara membuat vas bunga dari botol bekas dan kain flanel ini, berikan hiasan pada bagian samping vas bunga. Hiasan yang dibuat dari kain flanel ini akan melingkar di seluruh permukaan vas bunga dengan cantik.

Pola hiasan berbentuk lingkaran dari potongan kain flanel. Tambahkan beberapa hiasan kain flanel warna lainnya di bagian tengah. Satukan keduanya dan lipat bagian ujung saja sehingga membentuk seperti kelopak bunga. Buatlah beberapa jenis hiasan yang serupa secara rapi dan seukuran.

7. Tempelkan Seluruh Hiasan Pada Permukaan Vas

Jika telah selesai dengan pembuatan hiasan, maka langkah selanjutnya yaitu menempelkannya pada vas bunga. Pola untuk menempelnya adalah selang-seling arahnya. Pola ini akan membuat hiasan tertempel dengan lebih rapi dan juga pas. Selain itu, arah dari hiasan juga dibuat berbeda.

Arah yang berbeda yang dimaksud adalah sebagian hiasan menghadap ke bawah, sedangkan sebagian lainnya menghadap ke arah atas. Dengan begitu, hiasan akan tertempel dengan pas. Jangan lupa untuk memberikan lem secukupnya dan tidak berlebihan agar tetap rapi dan cantik.

8. Beri Hiasan Untuk Mulut Vas

Setelah hiasan pada bagian tepian, sekarang saatnya menambahkan hiasan pada mulut vas. Hiasan pada bagian ini akan mempercantik tampilan vas saat digunakan. Sebelum membuat jangan lupa untuk mengukurnya terlebih dahulu.

Pastikan untuk tidak salah mengukur agar hiasan bisa pas. Bentuk dari hiasan ini adalah lingkaran yang nanti akan ditempel melingkar. Setelah selesai membuat, tempelkan hiasan tersebut pada mulut vas secara melingkar dan rapi.

Demikian sekilas tentang cara membuat vas bunga dari botol bekas dan kain flanel yang telah diuraikan secara detail. Selain mudah, bahan yang dibutuhkan untuk hasil kreasi botol bekas juga tidak terlalu menguras kantong.

Leave a Comment