Cara Membuat Tas dari Bahan Bekas secara Sederhana

Bahan bekas yang sudah tidak lagi digunakan jangan hanya disimpan, apalagi sampai dibuang. Karena bisa menjadi sebuah karya seni yang berharga, salah satunya tas. Untuk menciptakan karya tersebut bukanlah perkara mudah. Anda harus memahami tata cara membuat tas dari bahan bekas agar tidak bingung saat pengerjaan.

Selain menghasilkan karya seni nan cantik, hasil pembuatan tas menggunakan bahan bekas juga mendatangkan sedikit lebih manfaat. Mendaur ulang sampah menjadi barang yang bisa dipakai sehari-hari, tentu bukan ide buruk.

Kalau begitu, langsung saja simak bagaimana cara membuat tas dari bahan bekas serta manfaat yang diberikan berikut ini.

Cara Pembuatan Tas Daur Ulang

Tingginya penggunaan barang-barang di era sekarang menjadikan timbunan sampah seakan tidak terkontrol lagi. Oleh karena itu, alternatif untuk menyiasatinya termasuk dengan membuat tas yang berasal dari bahan bekas. Di bawah ini akan dibahas cara pembuatannya:

1. Buat Desain Tas yang Ingin Diciptakan

Bagi seorang pencipta karya, tentu mempersiapkan desain merupakan suatu kewajiban yang tidak boleh sampai dilewatkan. Pasalnya tanpa adanya rancangan, pengerjaan karya ataupun produk tidak bisa berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ditargetkan.

Disini si pembuat tas harus lebih dulu memikirkan tema dan bentuk yang ingin dikerjakan agar hasilnya lebih maksimal dan tidak mengecewakan. Alasannya karena tema secara tak langsung akan berpengaruh pada warna bahan, sementara bentuk memberikan pengaruh pada keperluan alat-alat.

2. Siapkan Alat dan Bahan Bekas yang Ingin Digunakan

Berlanjut ke persiapan lainnya, pembuat tas juga perlu menyediakan alat dan bahan yang ingin digunakan dalam proses pengerjaan. Untuk alat dan bahan umumnya masing-masing terdiri dari gunting, resleting, penggaris, jarum, benang, tali atau kawat, lem, dan kain polos.

Sementara untuk bahan bekas, semua tergantung dari ketertarikan pembuat tas bisa kardus, kemasan minuman, kertas koran hingga kaos yang sudah tidak dipakai. Namun di pembahasan kali ini, akan dimanfaatkan bahan bekas milik kemasan minuman plastik dengan alasan mengurangi sampah plastik.

3. Bersihkan Kemasan Minuman Plastik

Setelah menentukan kemasan minuman plastik mana yang ingin dimanfaatkan, gunting bagian atas dan bawah. Kemudian bersihkan dari isi minuman, bisa dengan air mengalir atau menggunakan lap basah (basuh secara benar).

Lalu keringkan kemasan minuman yang sudah dibersihkan dengan memanfaatkan sinar matahari di luar ruangan. Namun, apabila cuaca sedang mendung maka bisa menggunakan kain bersih yang kering.

4. Kustomisasi Kemasan Minuman Plastik

Selanjutnya gunting kemasan minuman yang sudah bersih dengan 2 bagian sama rata, dimana dalam satu bahan menjadi dua bentuk potongan. Setelah itu, lipat kemasan ke sisi pojok bawah dan atas (lebar lipatan dua sentimeter).

Kemudian buat anyaman seperti baling-baling, apabila kemasan minuman yang disediakan seratus buah maka akan ada dua ratus lipatan. Silahkan jahit setelah kerangka anyaman selesai dibuat dengan bantuan jarum dan benang yang telah disiapkan sebelumnya.

5. Lakukan Sentuhan Terakhir pada Kemasan Minuman

Cara membuat tas dari bahan bekas dengan tema kemasan minuman plastik yang terakhir adalah menambahkan kain polos dan resleting. Pasang kain dalam tas (gunakan bahan yang lumayan tebal agar tidak mudah robek) lalu jahit dengan rapi.

Kemudian jahit juga resleting supaya saat digunakan nanti isi dalam tas terlebih barang berharga tidak mudah keluar atau jatuh berceceran. Apabila tertarik memberi kesan manis lain, bisa menambahkan tali pada tas atau aksesoris seperti gantungan kunci.

Manfaat Pembuatan Karya Tas Daur Ulang

Ada poin-poin mengapa pembuatan barang daur ulang termasuk cara membuat tas dari bahan bekas cukup penting untuk diketahui. Agar lebih jelas lagi, silahkan ikuti poin terkait sebagai berikut:

  • Alternatif penghasilan. Dengan menghasilkan satu atau lebih karya seni berbahan tak terpakai, bisa saja membuka peluang bisnis rumahan.
  • Membentuk lapangan kerja. Bisnis rumahan yang berkonsep tas berbahan bekas dapat membentuk lahan kerja bagi orang yang belum ada pekerjaan tetap.
  • Membantu lingkungan tetap terjaga lagi sehat. Adanya daur ulang kemasan minuman plastik paling tidak membantu penumpukan sampah dengan jenis sachet sehingga lingkungan bisa tetap bersih.
  • Media kreativitas diri. Dalam diri seseorang kreativitas sudah jelas dimiliki, membuat tas tentu bisa menjadi salah satu media penerapan.
  • Meningkatkan keahlian. Sebagai manusia yang terus belajar, seorang pembuat tas akan semakin tertantang menghasilkan produk terbaik.
  • Pengerjaan yang efisien. Membuat tas berbahan bekas seperti yang sudah disebutkan, cukup efisien karena tidak memakan tempat yang besar.
  • Lebih hemat energi. Penggunaan bahan dan alat yang terbilang sederhana serta mudah didapat, menginisiasi pemanfaatan energi yang sedikit.

Sebagai saran, dalam proses pembuatan dan penghasilan karya atau produk tas sebaiknya seseorang memiliki kekhasan tersendiri. Bisa lewat rancangan tas yang diterapkan, aksesoris pelengkap, sampai dengan kesesuaian tema.

Cara membuat tas dari bahan bekas bukan suatu yang mustahil untuk dikerjakan asalkan ada keinginan kuat. Siapa tau dengan menerapkan daur ulang secara pelan-pelan membantu mengurangi beban lingkungan yang ditinggali akibat pengaruh sampah.

Leave a Comment