Inilah 6 Contoh Kerajinan Tangan dari Bambu yang Kreatif dan Unik

Bambu dikenal sebagai jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan orang untuk dijadikan kerajinan. Contoh kerajinan tangan dari bambu ini juga beragam mulai dari vas, gantungan kunci hingga alat musik angklung. Cara pembuatannya juga hanya memerlukan bahan yang gampang ditemukan di rumah.

Kerajinan dari bambu sering digunakan sebagai hiasan interior rumah yang unik. Selain itu, rumah akan terlihat asri dan lebih natural dengan kerajinan bambu tersebut. Ketika sedang bertamu ke rumah orang lain, tidak jarang Anda melihat ruangannya memiliki kerajinan bambu.

Inilah pembahasan selengkapnya tentang contoh kerajinan tangan dari bambu yang bisa dijadikan inspirasi.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Bambu yang Menarik

1. Lonceng Angin

Kerajinan bambu ternyata dapat dijadikan sebagai sarana relaksasi maupun menghibur diri dengan suara yang dihasilkan dari lonceng angin. Kerajinan ini bisa menghasilkan suara merdu dari hembusan angin. Contoh kerajinan tangan dari bambu ini dapat dibuat dengan cara yang sederhana.

Cukup siapkan bambu yang telah dipotong menjadi beberapa bagian. Bersihkan serat bambu lalu lubangi bagian atasnya untuk tempat tali. Selanjutnya, batok kelapa dipotong setengah lingkaran dan amplas sampai halus. Berikan lubang pada batok kelapa untuk memasang tali sebagai penyambung.

Setelah itu, ikat bambu menggunakan tali kemudian sambungkan ke batok kelapa. Kemudian, berikan warna alami memakai plitur agar menghasilkan kerajinan yang terlihat estetik.

2. Vas Bunga

Contoh kerajinan tangan dari bambu ini dapat dibuat menjadi vas bunga yang cantik. Nantinya, bambu dilukis atau diukir agar vas semakin bagus dan dapat dijadikan hiasan meja. Pastikan bahan serta alat yang diperlukan untuk membuat vas dan ikuti tahapan pembuatannya.

Potong bambu dan amplas agar permukaannya halus dan berwarna cream. Kemudian, gunakan selotip bening untuk membalut seluruh bagian bambu. Gambar dan ukir motif gambar yang diinginkan dengan memakai silet. Selanjutnya, manfaatkan cat piloks untuk memberikan warga agar vas semakin menarik.

Diamkan vas yang sudah dicat dengan warna pilihan sampai mengering. Jika selesai, tinggal melepaskan selotip di bagian bambu yang masih tertinggal.

3. Bingkai Foto

Bingkai foto ternyata bisa dibuat dari bahan bekas maupun bambu yang cukup gampang dilakukan. Kerajinan bingkai foto dari bambu ini akan membuat kesan klasik ketika dipajang di dinding maupun di meja. Bahan yang dipilih sebaiknya memakai bambu tua yang beruas panjang.

Selanjutnya, potong bambu mengikuti ukuran foto dan haluskan setiap belahannya dengan memakai pisau raut. Amplas bambu hingga halus lalu sambungkan tiap sudut bambu. Supaya semakin menarik, bambu bisa diberi warna yang diinginkan atau menambahkan manik-manik.

4. Tempat Pensil

Tempat pensil menjadi contoh kerajinan tangan dari bambu yang unik dan sederhana. Bahan bambu bisa dijadikan alternatif dari kaleng maupun plastik ketika membutuhkan wadah untuk menata alat tulis. Berikut ini cara membuat kerajinan tempat pensil dari bambu, antara lain:

  • Langkah pertama, siapkan sebatang bambu lalu haluskan dengan menggunakan pisau.
  • Kemudian, potong bambu dengan tinggi 20 cm dan haluskan kembali bagian tersebut dengan amplas atau pisau.
  • Buatlah rangkaian pola bambu yang akan dililit dengan tali.
  • Tambahkan lem untuk merekatkan sekaligus melilitkan tali. Setelah itu, tunggu lem hingga mengering.
  • Terakhir, berikan warna pada tempat pensil dengan cat agar semakin indah.

5. Lampu Hias

Lampu hias dari bahan bambu dapat dijadikan interior rumah yang indah dan unik. Lampu tersebut bisa ditaruh di atas meja, sudut ruangan maupun di luar rumah. Berikut ini sejumlah cara yang diterapkan dalam membuat lampu, antara lain:

  • Sediakan bambu yang sudah dipotong berukuran sekitar 1,5 meter. Pakailah bambu kering yang berkualitas baik dan kuat dengan diameter 10 cm.
  • Lakukan pengamplasan hingga halus dan lanjutkan dengan mengecat permukaannya memakai plitur.
  • Setelah cat kering, gergaji bambu di bagian atas dan bawah untuk dijadikan tatakan dan tempat sinar lampu.
  • Lubangi pula bagian lampu tertentu untuk memasukkan kabel serta area keluarnya cahaya.  Jangan lupa amplas kembali agar semakin rapi dan halus.
  • Buatlah dudukan lampu dari bahan semen dengan ukuran menyesuaikan lalu lakukan pelitur kembali.
  • Terakhir, pasang lampu dan instalasi kabel ke dalam lampu hias.

6. Gelas Bambu

Kerajinan sederhana berbentuk gelas ini ternyata dapat terbuat dari bambu. Gelas ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan rumah yang unik dan kreatif. Cara membuatnya juga mudah dengan menggunakan sejumlah bahan tertentu, sebagai berikut:

  • Sediakan bambu tua lalu keringkan dengan cara dijemur selama beberapa hari.
  • Ambil bagian bawah atau cincin pemisah lalu potonglah bambu sesuai ukuran gelas yang diinginkan.
  • Setelah itu, lakukan pengamplasan agar permukaan bambu menjadi halus dan lebih rapi.
  • Terakhir, cat gelas bambu menggunakan cat maupun plitur untuk menghasilkan warna alami.

Demikian pembahasan tentang contoh kerajinan tangan dari bambu yang perlu diketahui. Kumpulan ide diatas bisa menjadi alternatif untuk mengkreasikan bambu agar lebih menarik dan bernilai. Proses pembuatannya juga cukup sederhana, sehingga bisa dipraktekkan oleh siapa saja dengan kreativitas yang dimiliki.

Leave a Comment