Inspirasi dan Cara Membuat Kursi dari Stik Es Krim Paling Gampang

Bila ingin membuat karya kreatif yang simpel dengan bahan yang sederhana, stik es krim bisa jadi solusinya. Banyak sekali karya yang bisa diciptakan hanya dengan bahan satu ini. Bukan sekedar membuat miniatur atau pajangan sederhana, bahkan Anda bisa juga mencoba cara membuat kursi dari stik es krim yang sangat mudah diikuti berikut.

Stik es krim bisa Anda beli dengan harga sangat murah di toko-toko terdekat. Cukup mengeluarkan uang puluhan ribu, maka sudah bisa mendapat banyak sekali kepingan stik es krim.

Disini akan dijelaskan secara lengkap dari mulai alat, bahan, hingga inspirasi yang bisa digunakan. Tidak lupa, cara membuat kursi dari stik es krim yang mudah dipahami dan dipraktekkan segera. Berikut informasi lengkapnya:

Alat dan Bahan

Pembuatan kursi dari stik es krim sebenarnya cuma memerlukan beberapa alat dan bahan sederhana. Bahkan dengan alat-alat ini saja bisa menciptakan karya lain yang tak kalah menariknya seperti meja dari stik es krim. Inilah alat dan bahan yang perlu dipersiapkan:

  • Stik es krim seperlunya.
  • Lem tembak.
  • Pisau kecil atau cutter.
  • Gunting.

Cara Membuat Kursi Dari Stik Es Krim

Setelah alat dan bahan sudah dikumpulkan, kini saatnya untuk membuat kreasi stik es krim menjadi karya seni yang kreatif. Untuk membuat sebuah kursi dari stik es krim, ada beberapa cara yang harus dilakukan agar hasilnya maksimal. Cara-cara tersebut di antaranya adalah:

1. Temukan Inspirasi Terbaik

Saat membuat karya seni, terkadang muncul kebingungan untuk memulainya dari mana. Apalagi jika seseorang tersebut baru pertama kali melakukannya dan belum menemukan gambaran apa yang harus dibuat. Oleh sebab itu, cara pertama adalah mencari inspirasi.

Inspirasi karya dari stik es krim bisa dengan mudah ditemukan melalui mesin pencarian seperti Google. Carilah model kursi yang paling disukai dan ingin dibuat. Dari sana maka dapat diperkirakan seberapa banyak stik es krim yang dibutuhkan atau bahan lain yang perlu disediakan.

2. Siapkan Alat dan Bahan

Setelahnya, persiapkan alat dan bahan yang telah dikumpulkan. Cuci stik-stik es krim yang akan digunakan sampai bersih agar lem dapat menempel dengan baik. Pastikan juga bahwa tembakan lem sudah terisi serta menyiapkan lem cadangan bila lem sudah hampir habis.

Selain menyiapkan alat dan bahan seperti di atas, bisa juga menambahkan bahan lain. Misalnya bahan dekoratif yang bisa digunakan untuk menghias kursi nantinya. Seperti halnya cat warna-warni, pita, stiker, atau bahan dekoratif lainnya.

3. Buat Pola Kursi

Pembuatan pola bisa dilakukan dengan memotong beberapa stik es krim yang dibutuhkan. Entah menjadi 2 bagian, 3 bagian, atau bahkan 1 bagian secara utuh. Perkirakan apakah pola-pola tersebut sudah cukup dengan mensejajarkan stik es krim sampai pola kursi terlihat dengan jelas.

Saat memotong stik es krim lebih baik dilakukan menggunakan pisau kecil atau cutter. Sebab, jika stik es krim dipotong menggunakan gunting kemungkinan besar malah akan patah. Memotong stik es krim menggunakan cutter juga akan menciptakan potongan yang lebih rapi.

4. Rekatkan Pola Kursi

Bila pola kursi sudah mencukupi dan sesuai dengan gambaran maka pola bisa direkatkan. Tetapi sebelumnya, panaskan terlebih dahulu lem tembak agar hasilnya lebih bagus. Rekatkan secara perlahan agar hasilnya lebih rapi dan sama dengan inspirasi yang digunakan.

Berhati-hatilah saat menggunakan lem tembak karena alat ini sangatlah panas. Jauhkan juga lem tembak dari kain atau bahan tekstil karena lem bisa saja mengenainya. Ketika lem tembak tidak bisa digunakan atau mengeras, panaskan lagi lem tersebut agar kembali cair dan mudah digunakan.

5. Beri Hiasan Dekoratif

Karya dari stik es krim biasanya hanya berwarna putih kecoklatan khas warna kayu. Tetapi agar hasil miniatur kursi tidak monoton, bisa juga dihias dengan berbagai bahan hiasan dekoratif. Misalnya, dengan memberikan cat warna atau menempelkan pita dengan lem tembak.

Inspirasi Miniatur Kursi dari Stik Es Krim

Terdapat beberapa model kursi yang bisa dibuat hanya dengan bahan stik es krim. Baik model kursi klasik ataupun model kreatif lainnya yang pastinya juga mudah dibuat. Beberapa inspirasi sebagai cara membuat kursi dari stik es krim, diantaranya adalah:

1. Kursi Klasik

Inspirasi pertama datang dari bentuk kursi klasik yang sudah diketahui oleh semua orang. Model sederhana ini membutuhkan setidaknya 20 stik es krim untuk membuatnya. Mulai dari sandaran, penyangga sandaran, alas, dan kaki kursi.

2. Set Kursi dan Meja

Pada model ini bisa dibuat dengan menciptakan beberapa kursi klasik ditambah dengan sebuah meja. Agar tidak membutuhkan banyak stik es krim, potonglah stik menjadi 2 bagian. Namun dengan demikian ukuran miniatur kursi menjadi lebih kecil.

3. Kursi Pantai

Model ketiga ini lebih mudah lagi untuk dibuat, karena memang polanya yang sangat simpel. Seperti model kursi pantai pada umumnya, pola kursi ini bisa dibuat dengan mensejajarkan stik es krim. Lalu meneruskannya sedikit ke atas untuk membuat sandaran kursi dan jangan lupa membuat kakinya.

Itu dia cara membuat kursi dari stik es krim yang pastinya mudah dilakukan. Bahkan karya kreatif ini bisa dibuat dalam waktu sangat singkat. Yang terpenting adalah menemukan inspirasi model kursi agar memiliki gambaran yang jelas sebelum membuatnya.

Leave a Comment