5 Tempat Pemandangan Terindah Di Indonesia Wajib Dikunjungi

Wonderful Indonesia menjadi simbol pariwisata di Tanah Air. Mengapa bisa demikian tentu saja ada alasan dibaliknya. Kementerian Pariwisata berani memberikan janji bagi para wisatawan bahwa keindahan alamnya sangat menakjubkan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara banyak yang senang mengeksplorasi ragam destinasinya. Wisatawan wajib mengunjungi pemandangan terindah di Indonesia ini agar tidak menyesal.

Indonesia memang menjadi surganya para wisatawan baik itu internasional maupun domestik. Keindahan dan keasrian alamnya, sekaligus banyaknya budaya memberikan warna tersendiri untuk mencuri perhatian para wisatawan. Belum lagi masyarakatnya yang terkenal ramah terhadap orang lain.

Berikut adalah beberapa daftar tempat wisata dengan pemandangan terindah di Indonesia. Jadikan referensi untuk healing bersama keluarga dan kerabat tercinta.

Menilik Ragam Pemandangan Terindah di Indonesia

1. Danau Toba

Pemandangan terindah di Indonesia pertama terletak di Pulau Sumatra, lebih tepatnya di Sumatera Utara. Danau ini tercipta karena erupsi dan letusan Gunung Toba yang terjadi sudah hampir tujuh puluh ribu tahun lalu.

Memiliki luas 1.130 km persegi serta panjang 100 km dengan lebar 30 km. Termasuk salah satu danau terdalam di Indonesia dengan kedalamannya mencapai 505 meter. Terdapat pulau juga di tengah danau ini, nama pulaunya adalah Pulau Samosir.

Selain menikmati pemandangan Danau Toba dan mampir ke Pulau Samosir, pengunjung juga bisa mengunjungi Museum Huta Bolon dan Museum Tomok. Ada pula Air Terjun Efrata yang dapat dikunjungi saat berkunjung ke Pulau Samosir.

Setelah lelah berwisata alam, sudah sepatutnya untuk menjelajahi kuliner yang tersedia. Kuliner yang bisa dijadikan referensi adalah ombus-ombus atau tepung beras khas Batak Toba. Lalu bisa dilanjutkan dengan arsik, sambal tuk-tuk, mie gomak, naniura dan manuk napinadar.

2. Pulau Weh

Pulau Sabang dan Pulau We merupakan nama lain dari tempat ini, berlokasi di paling barat wilayah Indonesia. Untuk dapat berkunjung ke sini, pengunjung harus melalui Pelabuhan Ulee Lheue ke Pelabuhan Balohan dan dapat ditempuh dengan kapal cepat ataupun kapal lambat.

Selama perjalanan menuju Pulau Weh, pengunjung akan dimanjakan dengan lumba-lumba yang berenang dan melompat ke permukaan laut. Pulau ini dikenal dengan surganya wisata bahari karena menawarkan keindahan pantai dan lautnya.

Ada banyak destinasi pantai yang bisa dikunjungi, namun destinasi pantai unggulan disematkan untuk Pantai Anoi Itam. Pantai ini memiliki karakteristik warna hitam pada pasirnya serta dikelilingi oleh pemandangan tebing yang sangat indah.

Jika bosan melihat pemandangan pantai, bisa juga mengunjungi Benteng Jepang yang berada di kawasan pantai tersebut. Selain Pantai Anoi Itam, bisa juga mengunjungi Pantai Sumur Tiga, Tugu 0 Kilometer Indonesia, Pantai Teupin Layee dan Pantai Iboih.

3. Gunung Bromo

Siapa yang tidak tahu destinasi pemandangan terindah di Indonesia yang satu ini. Pelancong domestik dan internasional tentu sudah tidak asing dengan Gunung Bromo. Menjadi satu dari gunung berapi yang aktif dengan ketinggian 2.329 meter, ia berlokasi di Jawa Timur.

Sabananya yang terkenal diberi nama Bukit Teletubbies, karena memiliki pemandangan yang serupa dengan bukit di kartun Teletubbies. Ada pula spot lain yang bisa dikunjungi seperti Pasir Berbisik, Padang Rumput Savana dan Kawah Gunung Bromo.

Pengunjung yang ingin mengunjungi berbagai tempat yang ada di Bromo bisa menggunakan jip dan kuda khusus di Kawah Gunung Bromo. Ada banyak agen perjalanan yang menawarkan paket ke Gunung Bromo dengan berbagai pilihan harga dan fasilitas.

4. Pulau Komodo

Salah satu tempat wisata dan juga taman nasional di Indonesia. Terletak di Nusa Tenggara Timur dan memiliki luas sebesar 2.321 kilometer persegi. Pulau ini diakui UNESCO sebagai Man and Biosphere Reserve (MAB) dan World Heritage Site pada tahun 1986.

Komodo termasuk reptil karnivora purba yang langka dan hanya ada di Indonesia. Ciri khasnya adalah memiliki panjang 2 sampai 3 meter dengan bobot mencapai 165 kg. Hewan ini bukan hewan pemburu aktif, karena hanya memburu mangsa yang sudah terluka.

Selain dapat melihat komodo secara dekat, pengunjung juga bisa melihat 28 jenis burung disini. Ada pula ribuan spesies ikan, 10 jenis lumba-lumba dan 385 jenis terumbu karang. Keindahan laut serta hamparan daratan yang indah juga sangat menyenangkan mata dan pikiran.

5. Raja Ampat

Destinasi wisata di bagian timur Indonesia juga tidak kalah menakjubkan. Raja Ampat, siapa yang tidak pernah mendengar tempat ini? Sebuah kepulauan yang terletak di Papua Barat. Untuk ke sini, pengunjung perlu menempuh waktu yang lama namun sepadan dengan pemandangan yang diberikan.

Terdiri dari empat pulau besar meliputi Salawati, Misool, Waigeo dan Batanta. Ada pula pulau kecil sebanyak seribu lebih yang memberikan keindahan bawah laut dan juga keindahan daratannya.

Di wilayah perairan, Raja Ampat terdapat 75 persen karang di dunia, 1.318 jenis ikan dan 537 jenis terumbu karang. Ada pula 699 jenis moluska yang bisa pengunjung temukan saat menyelam atau snorkeling.

Indonesia memang memiliki berbagai destinasi wisata eksotis dan memanjakan setiap mata yang melihatnya. Pemandangan terindah di Indonesia ini juga menjadi daya tarik wisatawan asing yang datang. Usai berkunjung dan menikmati keindahan yang ditawarkan, jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungannya agar tetap asri.

Leave a Comment