Ini Dia Gunung Tertinggi Di Dunia, Dijamin Sulit Menakhlukannya

Gunung menyajikan pemandangan yang begitu mengagumkan sehingga banyak orang yang ingin melakukan pendakian. Bagi yang sudah ahli dalam mendaki gunung, pasti ingin sekali menaklukkan gunung tertinggi di dunia agar bisa merasakan sensasi di atasnya. Menempuh berbagai macam trek pendakian dengan keindahan dan tantangan yang berbeda-beda, pasti sangat berkesan.

Mendaki gunung bukanlah perkara yang mudah dilakukan setiap orang. Sebab, membutuhkan persiapan fisik dan pengalaman agar bisa berhasil sampai di puncak. Terlebih lagi ketika berniat menaklukkan gunung tertinggi di dunia.

Sebelum ke sana, simak dahulu apa saja sih gunung yang ketinggiannya bukan main di berbagai belahan dunia berikut.

Deretan Gunung Tertinggi di Dunia Favorit Para Pendaki

1. Gunung Everest

Gunung paling tinggi yang satu ini letaknya berada pada perbatasan antara Nepal dengan China. Tingginya pun mencapai 8.848,86 meter sehingga pantas dijadikan sebagai gunung tertinggi. Sudah banyak sekali orang yang bisa mencapai puncaknya.

Namun, tak sedikit pula yang gugur selama masih di perjalanan menuju puncak. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini berasal dari Nepal. Tercatat, ia berhasil mendaki pada tahun 1953.

Sampai pada tahun 2017 lalu, total yang sudah berhasil mendaki sampai puncak berjumlah 7600 orang yang berasal dari berbagai daerah. Perlu persiapan yang matang untuk bisa sampai di puncak tertinggi Gunung Everest.

2. Gunung Kangchenjunga

Ketinggian dari gunung ini mencapai 8.598 meter yang berdiri tegak di perbatasan antara Nepal dan india. Gunung Kangchenjunga tergolong ke dalam gunung yang tertinggi di India. Orang yang berhasil menaklukkan gunung ini untuk pertama kali adalah Joe Brown beserta temannya pada tahun 1955.

Dulu ada salah perhitungan antara Gunung Kangchenjunga dengan Gunung Everest. Dimana saat itu Gunung Kangchenjunga menduduki posisi pertama untuk yang tertinggi di dunia. Namun, sekarang sudah tidak terjadi lagi dan dinyatakan dengan sah bahwa Gunung Everest-lah gunung paling tinggi yang belum ada tandingannya di dunia.

3. K2

Gunung yang berada pada perbatasan antara Cina dan Pakistan ini termasuk ke dalam gunung yang sulit untuk ditaklukkan. Hal tersebut dikarenakan jalur pendakiannya yang begitu berat bahkan melebihi Gunung Everest.

Tingkat kematian dari pendakian gunung tertinggi di dunia ini juga termasuk berbahaya sehingga berhati-hatilah.Tak khayal, jika setiap pendaki yang ingin menaklukkan gunung ini harus sudah lihai dalam pendakian dan memiliki persiapan yang matang.

Tercatat sampai saat ini, ada kasus 77 pendaki yang mengalami kematian saat dalam perjalanan menuju puncak. Kejadian tersebut tentu harus diwaspadai bersama agar tidak terulang.

4. Lhotse

Lhotse sering disebut dengan gunung yang merupakan adik dari Gunung Everest namun sempat terabaikan. Jalur pendakiannya pun sama dengan Gunung Everest sampai pada camp ketiga. 

Daya tarik yang ada pada gunung ini adalah memiliki pemandangan yang indah dan juga menyejukkan mata, sehingga banyak yang tertarik. Pendakian pertama gunung ini terjadi pada 1956 namun hanya sampai pada tengahnya saja.

Barulah pada tahun 2011 lalu, tim ekspedisi Rusia berhasil menaklukkan gunung ini hingga sampai puncaknya. Pencapaian tersebut tentu tidak mudah untuk dilakukan sehingga perlu diberikan apresiasi kepada pendaki yang sudah berhasil selamat.

5. Dhaulagiri

Nepal merupakan tempat berdirinya gunung tertinggi di dunia ini. Ketinggiannya pun mencapai 8.167 mdpl sehingga wajar jika gunung tersebut susah untuk dicapai. Namun, tampilan dari gunungnya yang begitu estetik.

Sehingga,  mampu mengundang para pendaki agar menaikinya hingga sampai pada puncak dan menancapkan bendera. Pendakian pertama yang pernah dilakukan terjadi pada tahun 1960. Pendakian tersebut cukup fenomenal karena visibilitasnya begitu jelas.

Posisi dari gunung ini dipisahkan langsung oleh ngarai yang paling dalam didunia. Namanya yaitu Ngarai Kali Gandaki. Persiapan fisik jelas tidak boleh dilupakan jika ingin mendaki gunung ini.

6. Makalu

Lagi-lagi gunung tertinggi ini berada di daerah Nepal dengan ketinggian mencapai 8.485 mdpl. Meskipun terbilang cukup sulit untuk dicapai, namun terbukti pada tahun 1955 lalu sudah ada yang bisa menakhlukannya.

Tim ekspedisi Prancis berjumlah 10 orang bisa mencapai puncak dan kembali dengan keadaan selamat. Masalah yang sering terjadi pada kala itu adalah sulit sekali untuk bisa mencapai puncak acara bersama. Biasanya ada yang sudah gugur terlebih dahulu.

Kesepuluh orang yang berhasil mencapai puncak tersebut pun tidak bersamaan, melainkan secara bertahap. Namun, beruntungnya semua orang tersebut bisa mencapai puncak.

7. Manaslu

Nama dari Gunung Manaslu diambil dari bahasa sanskerta yang artinya adalah jiwa maupun kecerdasan. Pada tahun 1956 lalu, terdapat dua orang yang berhasil menaklukkan gunungnya.

Kedua orang tersebut termasuk ke dalam ekspedisi Jepang yang telah berusaha keras untuk bisa menaiki gunung dan mencapai puncaknya.

Pendakian yang dilakukan oleh tim ekspedisi Jepang pun menimbulkan kontroversial dari para penduduknya.

Larangan pendakian pun pernah dilakukan oleh penduduk setempat, karena sebelumnya ada kasus longsor salju yang berhasil menewaskan 18 orang. Warga tersebut pun takut hal ini terjadi lagi sehingga mencegah pendakian.

Beberapa gunung tertinggi di dunia yang sudah dipaparkan di atas bisa dijadikan sebagai referensi untuk melakukan pendakian. Namun, tentu saja butuh perjuangan yang cukup berat agar bisa sampai ke puncak. Butuh persiapan fisik, mental, dan pengalam mendaki yang profesional untuk bisa sampai puncak dan kembali dengan selamat.

Leave a Comment