Inilah 8 Pilihan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Yang Bisa Anda Buat

Inilah 8 Pilihan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Yang Bisa Anda Buat

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas – Bicara soal barang bekas pasti orang akan langsung terpikir pada barang-barang tidak terpakai yang kebanyakan akan berakhir di tempat pembuangan sampah. Sebagian lagi mau memanfaatkan demi sedikit keuntungan dengan mengumpulkan dan menjualnya, dan untuk yang lebih kreatif akan memanfaatkannya untuk membuat barang-barang kerajinan tangan dari barang bekas.

Memanfaatkan barang bekas dan menjadikannya barang kerajinan memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari partisipasi anda dalam mengurangi penambahan tumpukan sampah di tempat pembuangan sampah, sampai pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas yang memiliki nilai seni dan memiliki kemungkinan untuk dijual.

Mungkin anda sudah menduga barang bekas apa saja yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Yang umum ditemui misalnya bungkus plastik,kaleng bekas, botol bekas, tutup botol, dan kain perca.

Untuk yang tidak dibuat dari barang bekas misalnya sedotan plastik dan sabun batangan. Ingin tahu lebih detailnya? Berikut ini adalah penjelasan mengenai barang bekas yang menjadi barang bekas disertai dengan contoh kerajinan tangan yang bisa dihasilkan :

Kerajinan Tangan Dari Tutup Botol

Dekorasi Penghias Untuk Frame Foto Dari Tutup Botol Bekas
Dekorasi Penghias Untuk Frame Foto Dari Tutup Botol Bekas

Kerajinan yang satu ini bisa menggunakan tutup botol berbahan dasar plastik atau logam, sesuaikan dengan apa yang ingin dibuat. Untuk kedepannya, saya akan secara khusus membahas tentang kerajinan tangan dari tutup botol bekas disertai dengan berbagai macam contohnya.

Kerajinan Tangan Dari Bungkus Plastik

Tas dari Limbah Plastik
Tas dari Limbah Plastik via tokopedia.com

Limbah plastik mungkin adalah barang bekas yang paling banyak anda temukan dirumah anda. Sebut saja plastik bekas deterjen, palstik bungkus es krim, plastick snack, atau bungkus-bungkus plastik lainnya. Ada banyak sekali barang kerajinan yang bisa dibuat menggunakan plastik bungkus yang sudah tidak terpakai. Yang paling sering saya temui adalah tas jinjing dari plastik seperti pada gambar diatas. Tas plastik tersebut tidak hanya saya temui di pasat tradisional, tapi juga di beberapa supermarket besar.

Kerajinan Tangan Dari Kaleng Bekas

Vintage Car Dari Kaleng
Vintage Car Dari Kaleng via toocool2betrue.com

Kaleng bekas sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar baik itu kaleng bekas minuman maupun kaleng bekas makanan. Bahan dasar kaleng berupa alumunium membuat benda ini mudah dibersihkan dan menjadi salah satu bahan dalam pembuatan kerajinan tangan. Yang bisa dibuat pun bervariasi sesuai dengan tingkat tantangan yang anda inginkan, salah satunya adalah mobil-mobilan dari kaleng bekas diatas yang memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi dan detail sangat bagus.

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas

Celengan Hewan Dari Botol Plastik
Celengan Hewan Dari Botol Plastik

Botol plastik merupakan salah satu limbah yang paling banyak dibuang. Terdiri dari berbagai macam ukuran sehingga untuk membuat suatu kerajinan tangan anda harus memperkirakan ukuran botol mana yang nantinya akan pas. Sebagai contoh, celengan pada gambar diatas akan cocok jika dibuat menggunakan botol air minum yang memiliki ukuran besar.

Contoh lain yang lebih sederhana? Tentu saja ada, pot gantung yang pembuatannya tidak terlalu sulit. Untuk gambarnya bisa anda lihat dibawah ini :

Pot Gantung Dari Botol Bekas
Pot Gantung Dari Botol Bekas

Untuk lebih lanjut mengenai kerajinan tangan dengan bahan dasar botol bekas bisa anda baca pada artikel > 34+ Gambar Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas.

Kerajinan Tangan Dari Kain Perca

Bantal Dari Kain Perca
Bantal Dari Kain Perca

Bahan berupa kain perca bisa anda dapatkan dari tukang-tukang jahit di sekitar anda. Anda bisa memintanya secara gratis atau membelinya mengingat kain perca seringnya tidak digunakan lagi oleh si empunya. Kain perca nantinya bisa dibuat menjadi banyak sekali barang kerajinan seperti boneka,sarung bantal, seprei, dan berbagai barang lainnya sesuai dengan keinginan anda.

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel

Pin Bunga dari Kain Flanel
Pin Bunga dari Kain Flanel

Kain flanel merupakan kain yang dibuat dari serat wol tanpa melalui proses penenunan. Memang sih flanel tidak termasuk dalam kategori barang bekas namun harganya yang murah dan mudahnya bahan ini ditemukan membuat saya memasukannya kedalam artikel ini.

Dengan kreatifitas yang cukup, kain flanel bisa dibuat menjadi berbagai barang seperti tas, boneka, laptop case, dan berbagai barang kerajinan lainnya.

Kerajinan Tangan Dari Sedotan Plastik

Burung Merak dari Sedotan
Burung Merak dari Sedotan

Sedotan sangat mudah ditemukan dan dibeli di toko-toko plastik dengan harga cukup terjangkau, dan biasanya dipaketkan dalam jumlah besar. Yang lebih menarik, sedotan memiliki banyak sekali warna sehingga anda bisa memvariasikan karya anda dengan pilihan warna dari sedotan.

Kerajinan Tangan Dari Sabun Batangan

Bunga Mawar Dari Sabun Batangan
Bunga Mawar Dari Sabun Batangan

Sabun batangan bisa juga dikategorikan kedalam barang bekas dengan catatan anda menggunakan sabun yang sudah berukuran kecil dan sudah tidak digunakan lagi.

Yang saya tahu, ada 2 cara membuat karya seni dari sabun batangan. Cara pertama adalah dengan cara menghancurkan sabun batangan sampai menjadi bubuk, ditambah air sampai menjadi lunak dan kemudian diberikan lem sampai nantina menjadi lunak dan mudah dibentuk seperti tanah liat. Untuk selanjutnya, anda bisa membentuknya sesuka hati.  Setelah jadi, keringkan dan setelah beberapa jam karya anda akan mengeras karena lem yang sudah anda campurkan di tahap awal tadi.

Cara kedua adalah dengan “memahat” sabun batang yang masih baru. Kenapa baru? Karena sabun batang yang baru memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan sabun batang yang sudah terpakai (berukuran kecil). Anda bisa menggunakan cutter atau benda tajam lainnya untuk memahat sesuka hati sampai mencapai bentuk yang anda inginkan.

Dari 8 pilihan diatas, sudahkah anda putuskan tentang kerajinan tangan mana yang akan anda buat? Berikan komentar anda dibawah ini.

1 thought on “Inilah 8 Pilihan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Yang Bisa Anda Buat”

Leave a Reply