Inilah 4 Uang Kertas Kuno Termahal Yang Diburu Banyak Kolektor

Inilah 4 Uang Kertas Kuno Termahal Yang Diburu Banyak Kolektor

Uang Kuno – Mengoleksi barang antik sudah menjadi salah satu hobi yang sangat umum dan dilakoni banyak orang. Salah satu barang antik yang lazim dikoleksi adalah uang kuno baik itu dalam bentuk uang kertas maupun uang logam.

Uang kuno memiliki harga yang cukup bervariasi tergantung dari “umur” dan tingkat “kelangkaan”-nya. Ada yang memiliki harga hanya di kisaran ratusan ribu, jutaan, sampai ratusan juta. Yang cukup mengejutkan, ternyata ada juga uang kuno yang harganya mencapai 1 milyar rupiah atau dalam bentuk angkanya : 1.000.000.000.

Anda tidak percaya? Silahkan simak informasi yang saya dapatkan dari video laporan TransTV Surabaya di channel CNN Indonesia :

Secara umum,masyarakat sudah mengetahui bahwa uang yang sudah tergolong kuno dan tidak lagi digunakan sebagai alat pembayaran akan memiliki nilai lebih dari nilai aslinya, dan tentunya semakin tua dan kuno uang tersebut maka harganya akan semakin mahal. Beberapa diantaranya bisa anda simak pada daftar dibawah ini :

Uang kertas 500 Gulden

Uang Kertas Motif Wayang 500 Gulden
Uang Kertas Motif Wayang 500 Gulden via uang-kuno.com

Uang kertas pecahan 500 gulden ini diproduksi antara tahun 1933 sampai dengan 1939, memiliki motif bergambar wayang orang dan diburu oleh banyak sekali kolektor. Gambarnya yang Indah, kelengkapan pecahan, disertai dengan tingkat kelangkaan yang tinggi.Hanya 3 lembar saja yang terlihat di pasaran pada tahun 2008 membuat uang pecahan ini semakin mahal harganya.

Dengan keadaan seperti itu, 500 gulden sangat menyulitkan bagi para kolektor yang ingin melengkapi koleksinya baik itu yang pemula maupun yang sudah senior. Uang kertas dengan gambar wayang ini terbagi atas 8 pecahan dengan 114 varisi. Info terakhir dari situs uang-kuno.com, uang ini memiliki harga lebih dari 30 juta rupiah.

Uang Kertas 1000 Gulden

Uang Kertas Motif Wayang 1000 Gulden
Uang Kertas Motif Wayang 1000 Gulden via uang-kuno.com

Uang kertas dengan nilai 1000 gulden ini masih satu generasi dengan uang kertas pertama yang mana keduanya diproduksi antara tahun 1933 sampai dengan 1933. Pun begitu, uang kertas yang juga bergambar wayang orang ini lebih sulit ditemukan yang tentunya membuat harganya lebih malah daripada rekan satu generasinya.

Berdasarkan informasi dari situs uang-kuno.com, uang kertas yang satu ini memiliki harga di kisaran 50 juta rupiah (info tahun 2008), jadinya tidak mengherankan jika tidak banyak kolektor yang memilikinya.

Uang Kertas 100 Gulden

Uang Kertas Motif Wayang 100 Gulden
Uang Kertas Motif Wayang 100 Gulden

Sama halnya dengan pecahan beberapa uang gulden diatas, uang kertas bernilai 100 gulden ini sangat sulit ditemukan oleh para kolektor, terlebih lagi para kolektor pemula. Selain sulit ditemukan, uang kertas ini mengalami kenaikan harga yang sangat cepat. Pada tahun 2001, uang ini bernilai sekitar 4 juta rupiah, tapimelonjak ke angka 20-30 juta pada tahun 2008. Dan berdasarkan hal itu, tentunya di tahun 2017 ini uang itu memiliki harga yang lebih tinggi lagi.

Uang Kertas 200 Gulden

Uang Kertas Motif Wayang 200 Gulden
Uang Kertas Motif Wayang 200 Gulden

Pecahan yang sangat sulit ditemukan dan kalaupun ditemukan akan memiliki nilai yang sangat tinggi. Berdasarkan informasi dari uang-kuno.com, perkiraan harga untuk kondisi Fne berada di sekitar angka 20 juta rupiah.

1 thought on “Inilah 4 Uang Kertas Kuno Termahal Yang Diburu Banyak Kolektor”

Leave a Comment