Apa itu Benthos? Definisi, Tipe, Contoh, dan Peran Organisme Bentos di Perairan

Apa itu Benthos? Definisi, Tipe, Contoh, dan Peran Organisme Bentos di Perairan

Benthos atau Bentos adalah semua organisme yang hidup di dasar air. Lapisan yang dihuni benthos disebut dengan Zona Bentik atau Bethic Zone yang mana zona ini adalah bagian terdalam dari sebuah danau, laut, atau sungai.

Zona Bentik yang dihuni oleh Benthos menjangkau bagian dasar air mulai dari yang sudah dijangkau oleh manusia sampai dengan bagian terdalam yang sampai saat ini belum bisa dijangkau dengan teknologi yang ada.

Benthos
Benthos

3 Tipe Benthos dan Contohnya

Berdasarkan habitatnya, Benthos dibagi menjadi 3 tipe :

  • Hyperbenthos : Benthos tipe ini bisa berenang dan hidup dekat dengan dasar air. Contoh dari benthos jenis ini adalah ikan Lotella rhacina.
  • Epibenthos : Benthos yang menghabiskan waktu hidupnya dengan menempel pada dasar air,batu, atau kerang. Yang termasuk benthos jenis ini adalah spons.
  • Endobenthos : Tipe benthos penggali yang hidup di dalam sedimen. Contoh dari tipe ini adalah Sand Dollar.

Manfaat Bentos di Perairan

Peran Benthos dalam ekosistem adalah menjaga keseimbangan di lingkungan. Sebagai contohnya adalah mussel atau kerang yang hidup di Zona Bentik memiliki peran untuk menjaga agar air tetap bersih.

Banyak juga benthos yang bergantung pada organisme yang sudah mati, dalam hal ini mereka berperan sebagai recycler, dan lain sebagainya.

Leave a Comment