Uang 100 Kertas Perahu Pinisi, Benarkah Harganya Mahal?

Uang 100 Kertas Perahu Pinisi – Sekitar tahun 90an sampai dengan tahun 2000 saat nilai rupiah belum se-jatuh sekarang, ada satu uang kertas pecahan kecil yang banyak digunakan masyarakat yaitu uang 100 rupiah dalam bentuk kertas. Jika anda tidak ingat, akan saya berikan salah satu ciri yang paling lekat dengan uang kertas ini yaitu gambar kapal pinisi di salah satu sisinya.

Sudah ingat? Yap, uang ini dirilis oleh Bank Indonesia pada 28 Desember 1992 bersamaan dengan uang kertas lainnya, yaitu uang kertas 500 rupiah dengan gambar orangutan. Saat saya masih kecil, saya suka sekali menyimpan uang pecahan ini dan beberapa pecahan lainnya yang kertasnya masih terbilang baru. Itung-itung, sebagai kenangan meskipun pada akhirnya uang yang terbilang bagus ini juga hilang.

Uang 100 Rupiah Kapal Pinisi
Uang 100 Rupiah Kapal Pinisi

Pada saat saya masih kecil, saya sangat sering menjumpai uang ini dan sering mendapatkannya sebagai uang saku untuk sekolah atau jajan. Uang ini ditarik peredarannya pada tahun 2000 dan sejak saat itu muncul banyak “mitos”atau bumbu yang membuat banyak pemilik uang ini menjualnya dengan harga tinggi.

Banyak yang mengatakan bahwa uang lama yang satu ini langka, namun setelah saya melakukan pencarian di toko online OLX. Saya menemukan banyak sekali penjual yang menjual uang kuno 100 rupiah bergambar kapal pinisi, harga uang kuno ini bervariasi mulai dari 50 ribuan perlembar sampai dengan 1 juta rupiah perlembar!

Harga Uang 100 Rupiah Perahu Pinisi
Harga Uang 100 Rupiah Perahu Pinisi

Namun dari sini bisa disimpulkan bahwa uang ini tidak se langka kabar yang menyertainya. Pun begitu, masih banyak orang yang termakan isu ke langkaan uang ini dan menjualnya dengan harga tinggi. Bagaimana pendapat anda?

Leave a Comment