Tradisi Perayaan Hari Valentine di Berbagai Negara Dunia

Tradisi Perayaan Hari Valentine di Berbagai Negara Dunia

Hari Valentine atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma, Santo Valentinus.

Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhir Abad Pertengahan ketika konsep-konsep macam ini diciptakan. Berikut ini beberapa konsep perayaan Valentine di berbagai negara di belahan dunia.

Filipina : Valentine, Saatnya Nikah Massal

Nikah Massal Di Filipina Via Gulfnews.com
Nikah Massal Di Filipina Via Gulfnews.com

Virus hari Valentine nampaknya sudah mewabah di Filipina. Memang, tak ada perayaan meriah dilakukan di Filipina dalam menyambut hari kasih sayang. Sesuai namanya, acara yang diselenggarakan pun berhubungan dengan ungkapan kasih sayang yang sesungguhnya.

Sebuah tradisi selalu dilakukan oleh warga Filipina dalam menyambut Valentine. Mereka akan berkumpul di sebuah tempat tepat pada 14 Februari. Seorang pendeta akan memimpin upacara pernikahan. Tradisi inipun semakin populer di berbagai kalangan di Filipina.

Mereka yang ikut melaksanakan misa pernikahan massal cukup banyak, mencapai 2.000 pasangan pada tahun 2012. Di samping pernikahan massal, beberapa pasangan turut mengikuti acara untuk memperbaharui sumpah pernikahan mereka.

Inggris : Orang Inggris Ekspresikan Cinta dengan Sendok

Saint Dwynwen Di Inggris Via Youthmanual.com
Saint Dwynwen Di Inggris Via Youthmanual.com

Di Inggris, para warganya tidak akan merayakan Valentine. Sebagai gantinya, mereka akan merayakan Saint Dwynwen setiap 25 Januari. Tak hanya bentuk perayaan serta tanggal yang berbeda. Tradisi perayaan hari kasih sayang di tempat inipun sangat unik dan berbeda dengan tempat lain.

Jika di negara lain benda-benda, seperti bunga, permen, coklat, ataupun benda mewah digunakan sebagai simbol kasih sayang, namun tidak begitu dengan warga Inggris. Para pria akan memberikan sebuah sendok cantik terbuat dari kayu yang diukir dengan simbol-simbol tertentu. Ini adalah salah satu hadiah tradisional paling romantis yang ada di dunia.

Setiap ukiran yang terdapat pada sendok kayu memiliki arti berbeda. Biasanya, pola ukirannya cukup rumit namun tetap terlihat indah. Pola sepatu kuda, misalnya, memiliki arti roda keberuntungan dan dukungan. Sementara itu, ukiran sendok yang berbentuk kunci melambangkan kunci menuju hati orang terkasih.

Korea Selatan : Hari Hitam, Perayaan Valentine untuk si Jomblo

Hari Hitam Untuk Jomblo Di Korea Selatan Via Me.me
Hari Hitam Untuk Jomblo Di Korea Selatan Via Me.me

Hari kasih sayang menjadi hari libur terpopuler di kalangan anak muda di Korea Selatan. Jika perayaan Valentine di negara lain hanya berlangsung satu hari, di Korea Selatan perayaan hari kasih sayang berlangsung hingga tiga bulan. Pada 14 Februari, para wanita mengungkapkan rasa sayang kepada pria yang mereka suka. Berbagai cara pun dilancarkan demi merayu sang pria. Selain kartu ucapan, mereka juga memberikan bunga hingga coklat.

Sebulan kemudian, tepatnya 14 Maret, ada hari putih. Ini adalah saatnya sang pria membalas apa yang telah diberikan wanita. Pada zaman dahulu, sang pria akan memberikan marshmallow atau permen. Namun, pada zaman sekarang berbagai hadiah berbentuk barang mewah tak jarang diberikan.

Perayaan valentine terus berlanjut hingga 14 April. Ini adalah saat yang tepat bagi para jomblo yang ingin merayakan Valentine. Tanggal itu disebut juga dengan ‘hari hitam’. Mereka akan merayakannya dengan mengenakan baju serba hitam dan memakan hidangan khas, yaitu mi bersaus kental warna hitam yang dinamakan Jajangmyeon sambil meminum kopi hitam.

Denmark : Tebak-tebakan Surat Cinta dari Pria Misterius

Pertukaran Kartu Ucapan Di Denmark Via Indiatoday.in
Pertukaran Kartu Ucapan Di Denmark Via Indiatoday.in

Hari Valentine adalah hari libur yang cenderung baru di Denmark. Namun, sebenarnya perayaan hari kasih sayang sudah dimulai sejak tahun 1990-an. Perayaannya pun tak berbeda jauh dengan negara-negara lain. Mawar, kata-kata penuh cinta, hingga bunga mewarnai perayaan valentine di Denmark. Yang membedakan perayaan Valentine di Denmark adalah tradisi tukar kartu yang dilakukan oleh pria kepada sang perempuan yang ia sukai. Pertukaran kartu ini disebut dengan pertukaran kartu terkasih.

Tepat pada 14 Februari, seorang pria akan memberikan sebuah surat kepada perempuan. Surat tersebut berisi puisi-puisi cinta ataupun gombalan yang terbuat dari potongan kertas. Potongan-potongan kertas tersebut disusun sekreatif mungkin hingga terlihat menarik. Di akhir surat, dituliskan anonim sang pengirim. Tugas si perempuan adalah menebak pengirim surat tersebut. Jika tebakannya benar, maka besar kemungkinan mereka akan pergi kencan.

Penutup

Bagaimana dengan anda ? semuga artikel kali ini bisa menambah wawasan tentang arti kasih sayang dan saling menghargai antar umat manusia. Apabila penulis diperkenankan untuk memberikan saran, cobalah untuk menciptakan rasa kasih sayang dan menghargasi sesama itu setiap saat, tidak hanya pada hari valentine saja, dan dengan tidak menyangkut pautkan antar kepercayaan masing – masing. Terima kasih.

Leave a Comment