Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

7 Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Berdasarkan Pengalaman Saya

Sebelum membahas tentang tips belajar bahasa inggris secara otodidak, saya akan ceritakan perjalanan saya secara singkat dalam belajar bahasa inggris.

Saya pertama kali mengenal bahasa inggris pada saat kelas 5 SD yang mana pada saat itu pengetahuan bahasa inggris saya masih nol dan materi dasar yang diberikan adalah pelafalan abjad ABCDEFG dan seterusnya dalam bahasa inggris.

Berlanjut ke SMP tidak ada perkembangan berarti dalam perkembangan belajar bahasa inggris saya, dan hal itu masih berlanjut sampai dengan SMA. Nilai saya stagnan, tidak ada target khusus dan bagi saya saat itu yang penting saya bisa memenuhi nilai minimum kkm.

Pada saat itu, yang saya pikirkan cuma kata “maklum”, karena bahasa inggris bukan bahasa ibu saya jadi saya tidak ada niat untuk mendalaminya.

Langkah Awal, Tentukan Niat dan Tujuan

Bisa saya katakan, sampai pertengahan semester kelas 3 SMA saya masih bebal soal bahasa Inggris dan sering dimarahi guru bahasa yang bersangkutan. Baru sekitar 6 bulan menjelang kelulusan SMA, saya menemukan “jalan” dalam belajar bahasa inggris.

Pada dasarnya, belajar bahasa inggris tidak bisa dipaksakan dan harus disertai dengan niat dan kemauan yang kuat. Pertanyaannya, apakah yang mendasari anda untuk belajar bahasa inggris? Silahkan jawab pertanyaan itu terlebih dahulu.

Untuk niat dari saya, adalah karena saat itu saya sedang memulai aktivitas sebagai seorang blogger yang pada nantinya akan juga terjun ke ranah pembuatan blog berbahasa inggris. Ya, itu saja, simpel kan?

Berdasar niat dan tujuan yang jelas, akhirnya saya melakukan beberapa hal yang membuat saya belajar dengan cepat. Menentukan target paling minimal saya harus bisa menulis sebuah artikel berbahasa inggris tanpa melihat kamus atau buku saku sama sekali dan bisa menonton film berbahasa inggris tanpa harus membaca subtitle.

Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Secara Otodidak

Apakah cara belajar bahasa inggris ini ampuh? Saya bisa jawab, AMPUH karena saya sudah mencobanya sendiri dan mengkonfirmasi hasilnya. Untuk semua cara beserta penjelasannya, bisa anda simak pada daftar dibawah ini :

Menonton Film Berbahasa Inggris

Menonton Film Berbahasa Inggris
Banyak Pilihan Untuk Menonton Film Berbahasa Inggris via catchplay.com

Menonton film-film yang menggunakan bahasa inggris adalah cara yang pertama. Dari genre apapun, studio manapun, selama anda menyukainya maka tontonlah film tersebut.

Dengan menonton film berbahasa inggris, anda akan terbiasa mendengarkan percakapan bahasa inggris mulai dari percakapan yang menggunakan kata-kata baku sampai dengan kata-kata slang.

Selain itu, anda juga kan dituntut mengikuti percakapan film dengan cepat jika ingin mengerti isi dari film tersebut.

  1. Untuk tahapan awal anda bisa menonton film menggunakan subtitle Indonesia yang mana tujuan awalnya adalah membiasakan diri untuk mendengarkan percakapan bahasa inggris dan juga mengerti arti beberapa kata dan kalimat yang diucapkan dalam film yang sedang ditonton.
  2. Untuk tahapan kedua, anda bisa menonton film menggunakan subtitle berbahasa inggris. Ini akan menguji pengetahuan anda soal kata-kata dalam bahasa inggris beserta artinya selama film berjalan. Secara tidak langsung, cara ini akan menuntut anda untuk bisa mencocokan kalimat di subtitle dengan yang anda dengarkan sekaligus menerjemahkan dalam waktu yang singkat agar anda bisa mengerti dari isi film tersebut.
  3. Setelah anda terbiasa dengan tahap pertama dan kedua, untuk selanjutnya anda bisa menonton film tanpa menggunakan subtitle sama sekali. Ini akan menguji skill listening anda sekaligus menerjemahkan artinya secara langsung jika anda ingin bisa mengerti isi dari film yang anda tonton. Untuk awal memang akan sedikit berat, namun dengan membiasakannya anda tidak akan merasakan kesulitan setelah mengulangnya beberapa kali.

Menonton Video di Youtube Yang Berbahasa Inggris

Biasakan Menonton Video Youtube Berbahasa Inggris
Biasakan Menonton Video Youtube Berbahasa Inggris

Yang satu ini masih satu jalur dengan cara pertama, yaitu menonton dan membiasakan diri mendengarkan percakapan dalam bahasa inggris. Kata kuncinya ada di kata membiasakan diri.

Jika biasanya anda menonton video review perangkat komputer berbahasa indonesia, biasakan juga untuk menonton referensi-referensi yang menggunakan bahasa inggris.

Jika anda ingin menonton video dokumentasi, tontonlah dari channel youtube seperti National Geographic yang berbahasa inggris, dsb.

Biasakan Membaca Buku dan Artikel Bahasa Inggris

Biasakan Membaca Buku Seperti Novel Berbahasa Inggris
Biasakan Membaca Buku Seperti Novel Berbahasa Inggris via npr.org

Perbanyaklah membaca buku dan artikel-artikel berbahasa inggris. Sebagai contoh, saya sering sekali membaca artikel berita dan ulasan seputar gadget,smartphone dan perangkat komputer di situs authority yang berbahasa inggris. Cari topik yang anda sukai, dan cari situs-situs yang bisa menjadi bahan bacaan anda.

Soal buku juga sama, pergi ke toko buku seperti Gramedia dan cari buku-buku dengan topik favorit anda namun ambil yang berbahasa inggris saja. Bisa buku cerita, komik, novel, dll yang bisa disesuaikan dengan preferensi anda sendiri. Yang penting buku yang anda pilih bisa membuat anda betah dan tidak gampang bosan.

Gunakan Bahasa Inggris Sebagai Pengaturan Default di Komputer dan Smartphone

Memilih Bahasa Inggris Di Pengaturan Perangkat Smartphone Dan Komputer
Memilih Bahasa Inggris Di Pengaturan Perangkat Smartphone Dan Komputer

Yang ini terbilang sangat basic karena terkait dengan aktivitas anda sehari-hari. Gunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama di pengaturan perangkat anda, baik itu di perangkat komputer maupun smartphone.

Dengan membiasakan diri melakukannya, anda akan tahu kata-kata yang sering digunakan sebagai perintah atau command beserta dengan artinya.

Mendengarkan Lagu-Lagu Berbahasa Inggris

Bersantai Sambil Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris
Bersantai Sambil Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Yang ini bisa anda lakukan dengan santai, mendengarkan musik! Sangat sering orang-orang menyanyikan sebuah lagu bahasa inggris tanpa tahu lirik yang benar maupun artinya dan hanya berdasar dari apa yang ditangkap oleh pendengaran. Ya, tidak ada yang salah dengan hal itu karena hal itu juga adalah proses belajar.

Untuk anda yang belajar bahasa inggris, dengarkan lagu bahasa inggris anda berulang-ulang sambil menghafalkan liriknya berdasarkan apa yang anda dengar. Setelah itu, terjemahkan isi dari lagu tersebut. Jika ada kata yang tidak anda tahu, cari artinya menggunakan kamus atau google translate.

Berkomunikasi Dengan Orang Asing

Belajar Bahasa Inggris Dengan Praktek Berbicara Dengan Orang Asing
Belajar Bahasa Inggris Dengan Praktek Berbicara Dengan Orang Asing via youtube.com

Komunikasi dengan orang yang menggunakan bahasa inggris secara langsung dalam kesehariannya adalah cara yang sangat ampuh, namun juga menantang. Kenapa menantang? Karena, setiap orang memiliki accent atau aksen bicara yang berbeda jadi anda harus bisa menangkap maksud dari yang dia katakan.

Terlebih, ini adalah percakapan dua arah. Jadi anda mendengarkan yang orang asing katakan, anda menangkap maksudnya, mengatur kata-kata yang akan digunakan sebagai reply atau balasan, kemudian mengucapkannya secara langsung.

Jangan takut salah, orang-orang asing tidak akan mencela anda hanya karena beberapa kesalahan pengucapan. Justru mereka akan sangat menghargai anda yang belajar berbicara dengan bahasa yang bukan merupakan bahasa ibu anda.

Praktek seperti ini akan sangat sering anda temui di daerah wisata, dimana para siswa sekolah yang sedang melakukan study tour akan mencoba berbicara dengan beberapa orang asing yang mereka temui di lokasi wisata.

Tapi saya tidak akan ke tempat wisata dalam waktu dekat seperti yang baru anda jelaskan, bagaimana dong? Masih ada jalan lain, gunakan aplikasi voice chat, bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan hobi anda dan berbincanglah dengan mereka.

Sebagai contoh, saya adalah seorang gamer dan seringkali saya harus berkomunikasi dengan teman-teman saya yang sebagian diantaranya adalah orang asing melalui voice chat aplikasi discord. Masih belum percaya diri untuk voice chat secara langsung? Gunakan alternatif lain, chatting. Intinya, belajarlah sedikit demi sedikit, tahap demi tahap, dan tak perlu tergesa.

Kamus Saku dan Google Translate Adalah Sahabatmu

Buku Saku Bahasa Inggris
Buku Saku Bahasa Inggris via www.ribut.info

Untuk yang terakhir, tentunya anda sangat sering menemukan kata yang anda benar-benar tidak tahu artinya. Pada saat seperti ini, kamus saku dan google translate adalah sahabat terbaik anda untuk mencari tahu kata yang terbilang asing tersebut.

Sedang berada di depan komputer? Buka website google translate. Hanya ada smartphone? Mulai dari sekarang, install aplikasi google translate yang kompatibel dengan smartphone dan jangan lupa untuk mengunduh paket bahasa yang anda inginkan.

Tidak sedang berada di depan komputer, dan baterai smartphone juga sudah habis, bagaimana dong? Mulai dari sekarang, persiapkan kamus saku kecil untuk berjaga-jaga.

Penutup

Saya berharap semoga 7 cara belajar bahasa inggris secara otodidak diatas bisa bermanfaat dan benar-benar mempercepat proses pembelajaran anda. Jika anda memiliki saran atau tips lain terkait dengan belajar bahasa inggris, anda bisa membagikannya melalui komentar dibawah. Cheers!

Leave a Reply